Jumat, 28 Agustus 2015

Cara Cek BPKB Online Sesuai Wilayah

BPKB atau Buku Pemilik Kedaraan Bermotor berbentuk sebuah buku yang harus dipunyai tiap orang yang mempunyai motor atau mobil. Di dalamnya berisi keterangan bahwa kendaraan bermotor dengan nomor mesin dan nomor rangka tertentu merupakan milik sah dari orang yang namanya tertera di buku tersebut. Setiap kali kendaraan bermotor dijual dan berpindah tangan maka harus dilakukan penggantian keterangan kepemilikan di dalam BPKB. BPKB seperti juga surat yang lain sering pula disalahgunakan pihak lain dengan dipalsukan dengan maksud memperoleh keuntungan darinya. Sehingga penting untuk mengecek keaslian BPKB sebelum membeli kendaraan bermotor seken.


Secara kasat mata cara cek BPKB asli dari yang palsu bisa dilihat dari ciri-ciri seperti berikut ini : (1) BPKB asli biasanya mempunyai ukuran 17 x 12 cm dimana sampulnya memiliki tekstur kulit warna biru tua dengan tulisan berwarna putih perak. (2) BPKB asli memiliki total 22 halaman berwarna dasar agak abu-abu. (3) BPKB yang asli disertakan pula watermark atau tanda air, serat aneka warna dan juga benang hologram.
   
Sebelum melakukan pembelian kendaraan bermotor, cek lembar-lembar BPKB dan perhatikan jika ada perubahan nama pemilik, keterangan kepabean, pendaftaran polisi, pelunasan pajak, catatan pejabat polisi lalu lintas, identifikasi kendaraan bermotor dan juga surat keterangan. Kesesuaian nomor rangka dan nomor mesin antara yang tercantum di BPKB dan di kendaraan bermotor pun wajib dicek. Dan bila ditemukan sesuatu yang tak lazim atau data di dalam BPKB ternyata tak sesuai dengan yang ada di unit kendaraan bermotor, anda sebagai pembeli harus curiga. Anda dapat memastikannya dengan datang ke kantor SAMSAT di kota anda, atau cukup dengan mengeceknya via online. Cara cek BPKB online bisa memanfaatkan layanan yang diberikan oleh masing-masing SAMSAT sesuai wilayahnya diantaranya :

- Untuk wilayah DKI Jakarta
Masyarakat bisa mengakses website http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB. Cara lainnya dengan mengirimkan SMS dengan format pesan : METRO(spasi)plat nomor kendaraan bermotor dan dikirimkan ke nomor 1717.

- Untuk wilayah Jawa Barat 
Masyarakat dapat membuka alamat layanan di http://dispenda.jabarprov.go.id/. Juga bisa dengan SMS dengan format penulisan : poldajbr(spasi)plat nomor kendaraan bermotor dan kemudian dikirimkan ke nomor 3977.

-Untuk wilayah Jawa Timur
Bisa dibuka di alamat http://www.esamsat.jatimprov.go.id/. Dan bisa juga mengeceknya dengan kirim SMS formatnya : JATIM(spasi)plat nomor kendaraan bermotor lalu kirim ke nomor 7070
   
- Untuk wilayah Jawa Tengah
Bisa mengunjungi alamat http://dppad.jatengprov.go.id/. Atau cukup dengan mengirim SMS, pesannya : JATENG(spasi)plat nomor kendaraan bermotor kemudian dikirim ke nomor 9600.

Cara cek BPKB online di atas akan sangat berguna menghindarkan masyarakat dari upaya penipuan surat-surat kendaraan bermotor yang akan dibelinya.
Cara Cek BPKB Online Sesuai Wilayah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum