Langsung ke konten utama

Cara Cek Driver Komputer, Berikut Langkahnya

Pengertian driver komputer yakni software yang termasuk bagian operating system yang digunakan mengkoneksikan operating system ke hardware komputer. Driver komputer bertindak menjadi perangkat lunak pengatur hardware sesuai dengan instruksi yang diberikan. Tanpa driver tentu saja hardware komputer tidak bisa membaca instruksi yang diberikan operating system komputer. Mungkin dapat dianalogikan driver yang ter-instal dalam komputer sebagai pengemudi kendaraan. Sistem operasi dianalogikan menjadi penumpang di dalamnya. Sebagai penumpang pastinya tak paham cara menjalankan mobil, oleh karena itu ia memerintahkan pengemudi supaya mengantarkannya ke suatu alamat. Sang pengemudi yang mengurusi mobil agar bisa dijalankan. Pengemudi akan memajukan, memundurkan, mempercepat atau bahkan menghentikan kendaraan.


Sebuah sistem operasi komputer tidak mungkin bisa mengoperasikan seluruh perangkat keras yang ada di dalam komputer. Oleh karena itu dibuat standar perintah yang digunakan mengelola setiap perangkat keras yang terpasang di komputer. Standar perintah tadi berbentuk instruksi umum untuk kemudian diterjemahkan oleh driver menjadi instruksi tertentu ke hardware. Di sebuah sistem operasi, user yang ingin mencetak sebuah dokumen dengan menginputkan perintah kepada sistem operasi selanjutnya menginstruksikan pada driver supaya mencetak dokumen yang dimaksud menurut persyaratan yang ditentukan oleh user. Sesudah itu driver akan membaca dokumen itu lebih dahulu, mengecek kesiapan printer dan baru selanjutnya  mengirimkan perintah mencetak pada printer.

Sebagian driver yang terpasang di komputer biasanya sudah ada secara bawaan bersama sistem operasi saat instalasi dilakukan. Namun biasanya untuk perangkat keras yang memang sudah ada sebelum sistem operasi diinstal ke komputer. Bila selanjutnya ada hardware baru yang dipasang ke komputer maka driver yang sesuai dengan hardware tersebut harus ikut pula diinstal. Pemilik komputer harus menginstal driver yang sesuai  yang lazimnya ikut dipaketkan saat pembelian.

Jika anda pun menghadapi situasi yang sama, anda harus paham betul cara cek driver komputer sehingga anda tak salah pilih. Untuk mengeceknya anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan berikut ini :

- Pada start menu, jalankan 'Windows Explorer' dan selanjutnya lakukan klik kanan di ikon 'Computer' dan pilih 'Properties'.
- Dari jendela baru yang tertampil, lakukan klik kanan pada 'Device Manager'.
- Jika ada driver yang belum ada di komputer biasanya akan terlihat ikon tanda seru.
- Untuk menginstal driver baru Anda bisa menggunakan software yang disediakan oleh pihak ketiga contohnya Driver Checker atau  driver Genius.
- Anda bisa juga menginstal langsung. Untuk itu lakukan klik kanan pada driver yang ditandai sebagai tanda seru tadi, berikutnya klik 'Updates driver Software'. Sebelumnya pastikan komputer memiliki koneksi dengan internet.
- Klik 'Search automatically for update driver software'.
- Maka driver yang tadinya belum ada di komputer akan otomatis meng-update dirinya sendiri atau mencari driver yang sesuai di internet.


loading...
Theme Editor by Seo v6