Rabu, 26 Agustus 2015

Cara Cek ELCO Bagi Pemula

Kapasitor merupakan jenis komponen elektronik yang memiliki fungsi menampung muatan listrik untuk sementara waktu. Besaran sebuah kapasitor atau Kondensator bisa diukur menggunakan berbagai alat yang salah satunya adalah Multimeter. Multimeter merupakan alat ukur untuk mengetahui nilai dari tegangan, arus dan hambatan sekaligus juga memastikan berfungsi tidaknya berbagai komponen elektronik lain diantaranya dioda, transistor ataupun resistor. Komponen yang satu ini sering difungsikan untuk menstabikan tegangan AC/DC power dan Amplifier. Kapasitor dibedakan menjadi kapasitor polar dan kapasitor non polar.

Kapasitor polar adalah kapasitor yang memiliki polaritas yaitu kutub positif dan kutub negatif. Kapasitor polar disebut juga dengan ELCO. Sementara kapasitor non polar yaitu kapasitor yang tak memiliki polaritas atau tak memiliki kutub positif dan kutub negatif misalnya : kapasitor keramik, kapasitor mika dan kapasitor film.

Selain multimeter analog, sekarang ada beberapa multimeter digital yang memiliki kemampuan menentukan besaran kapasitor. Namun begitu multimeter mempunyai batas nilai pengukuran kapasitansi suatu kapasitor. Kapasitor dengan nilai kapasitansi besar misalnya jenis ELCO  tak seluruhnya bisa diketahui nilainya menggunakan multimeter digital. Misalnya multimeter digital merk SANWA seri CD800a memiliki batas pengukuran nilai kapasitor dari 50nF (nano Farad) hingga 100µF (micro Farad). Tiap komponen ELCO mempunyai kemampuan menampung muatan listrik sesuai dengan nilai yang tertera di badannya. Contohnya ELCO tertulis 1000uf / 25v artinya muatan listrik yang bisa disimpannya hingga 1000 micro Farad dengan tegangan listrik maksimal 25 V.

Satuan nilai yang digunakan pada kapasitor mulai dari yang terbesar yaitu Farad ( f ), micro Farad ( uf ), nano Farad ( nf ) serta yang terkecil adalah pico Farad ( pf ). 1 f setara dengan 1.000.000 uf. 1 uf  setara dengan 1000 nf dan 1 nf setara dengan 1000 pf. Sementara untuk ELCO nilainy mulai dari satuan micro farad (uf).

Untuk memastikan sebuah ELCO masih bisa berfungsi kita pun bisa memakai multimeter analog. Memang multimeter analog tak bisa digunakan mengukur secara tepat nilainya, namun cukup berguna memastikan apakah komponen ELCO tadi masih berfungsi dengan baik atau sudah bocor. Berikut cara cek ELCO menggunakan multimeter analog :

- Pertama set posisi skala selektor ke Ohm (Ω) dan pilih skala x1K
- Tempelkan probe merah (+) di kaki ELCO  positif, sementara probe hitam (-) ditempelkan ke kaki negatif ELCO.
- Cek jarum di layar, bila jarum bergerak naik untuk selanjutnya kembali lagi maka itu tandanya ELCO dalam kondisi berfungsi baik. Jika jarum bergerak naik namun tak kembali ke posisi awal maka bisa dipastikan ELCO dalam kondisi rusak. Atau jika jarum multimeter tak bergerak sama sekali maka dipastikan ELCO dalam kondisi rusak.
Cara Cek ELCO Bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum