Senin, 31 Agustus 2015

Cara Cek Flashdisk : Keaslian dan Bila Tak Terdeteksi

Anda mungkin pernah mendapat tawaran membeli flashdisk berharga lebih murah ketimbang harga umum di pasaran. Berhati-hatilah sebab boleh jadi flashdisk yang ditawarkan tersebut adalah flashdisk jiplakan atau grade C. Merek flashdisk yang kerap dipalsukan di Indonesia biasanya adalah merek Toshiba dan Kingston. Kendati saat dicolokkan ke laptop terbaca kapasitanya menunjukkan 4 GB contohnya, akan tetapi secara riil tak mencapai 4 GB. Flashdisk semacam ini disebut juga dengan flashdisk fake capacity. Memang harga yang ditawarkan lebih murah dibanding flashdisk Grade A namun anda dirugikan dengan kapasitasnya yang hanya sedikit.


Cara cek Flashdisk untuk mengetahui berapa sebenarnya kapasitas aslinya bisa dilakukan dengan program H2testw. Software H2testw yakni aplikasi ringan buatan Harald Bögeholz yang berguna melakukan serangkaian test data integrity yang ditulis ke Flashdisk. Mekanisme kerja program ini yaitu program melakukan penulisan data di Flashdisk, selanjutnya dilakukan pembacaan lagi sekaligus dilakukan verifikasi. Software H2testw tak usah diinsta namun hanya dengan mengunduhnya kemudian meng-ekstrak ke folder hardisk laptop Anda, selanjutnya cukup dijalankan. Anda bisa mendownload program berguna untuk cek Flashdisk ini di internet. Banyak website download yang menyediakan.

Cara cek Flashdisk ini setelah program H2testw dijalankan ialah klik tombol Select Target, selanjutnya pilih drive USB Flashdisk yang hendak ditest. Akhiri dengan menekan tombol ‘Write + Verify’. Tunggu beberapa saat sampai program ini menyelesaikan serangkaian test terhadap Flashdisk. Cepat atau lamanya proses tergantung dari kapasitas Flashdisk yang dites. Program akan melakukan langkah Writing untuk keseluruhan kapasitas yang dimiliki. Sebuah Flashdisk dengan Real Capacity maka hasil Writing dan Verifying akan menunjukkan kapasitas yang sama.

Pastikan anda membeli Flashdisk di toko terpercaya. Biasanya Flashdisk bermerek akan memberikan garansi seumur hidup (lifetime warranty) sebagai wujud tanggung jawab vendor akan kualitas produk yang dijualnya. Nah meski anda telh membeli Flashdisk asli namun seperti juga produk elektronik lain kadangkala dalam masa penggunaan terjadi masalah misalnya Flashdisk yang tak terbaca oleh komputer. Jika anda menghadapi masalah seperti itu, anda perlu tahu cara cek Flashdisk dengan problem seperti itu.

Cara cek Flashdisk tak terdeteksi sistem di komputer bisa dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

- Masukkan Flashdisk ke slot USB di komputer.
- Berikutnya tekan tombol ctrl + R secara bersamaan dan ketikkan compmgmt.msc pada kolom yang muncul berikutnya klik tombol Enter.
- Akan muncul program compmgmt, klik saja untuk membukanya.
- Pilih menu Storage yang ada bagian tengah, berikutnya pilih menu Disk Management.
- Umumnya kalau Flashdisk tak mengalami kerusakan parah maka akan langsung dikenali. Kalau dikenali oleh sistem komputer segera lakukan klik kanan kemudian klik menu Create partition.
- Sesudah itu lakukan pemformatan Flashdisk, caranya klik kanan berikutnya pilih menu Format.





Cara Cek Flashdisk : Keaslian dan Bila Tak Terdeteksi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum