Langsung ke konten utama

Cara Cek Gula Darah Sendiri Di Rumah

Penderita diabetes mempunyai konsentrasi gula tinggi di dalam darah. Gangguan tersebut muncul sebab organ pankreas tak bisa lagi menghasilkan hormon insulin yang bertugas mengendalikan gula darah. Sebab lain berhubungan dengan sel tubuh yang kebal terhadap hormon insulin itu sendiri yang akibatnya mekanisme absorbsi gula dari darah terhambat. Pencetus utama diabetes tipe ini yakni autoimun atau disebabkan oleh serangan virus. Faktor keturunan yang selama ini banyak dituding sebagai penyebab, dari hasil penelitian ternyata pengaruhnya hanya kecil saja.

Bagi mereka yang menderita diabetes, belum ditemukan alat lain yang dianggap presisi dalam mengukur kadar gula darah kecuali alat ukur gula dengan metode pengetesan tetes darah. Metode ini memang tak nyaman, lebih-lebih untuk wanita yang harus memeriksa kadar gula darah mereka akan tetapi tak terkena diabetes. Namun demi pencegahan dan deteksi dini penyakit diabetes maka mereka yang menunjukkan gejala-gejala penyakit yang satu ini harus melakukan cek gula darah. Saat ini cara cek gula darah makin canggih dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Salah satu alat cek kadar gula darah yang banyak beredar di pasaran ialah merk Easy Touch GCU. Alat ini adalah alat pengukur kadar gula darah sekaligus juga pengukur kadar kolesterol dan kadar asam urat (uric acid). Alat ini sangat praktis dan portable dengan ukuran kecil. Dalam pembelian biasanya sudah lengkap disertakan strip untuk cek gula darah, strip untuk cek kolesterol dan strip untuk cek asam urat, lancing device dan jarum lancet. Alat cek Easy Touch GCU ini bekerja dengan baterai 2 buah ukuran AAA.

Cara cek gula menggunakan alat ini prosedurnya adalah sebagai berikut. Pengecekan paling akurat kadar gula darah adalah pada pagi hari sebelum sarapan pagi. Siapkan chip berwarna kuning dan masukkan ke alat untuk mengecek berfungsi tidaknya alat ini. Bila pada layar keluar tulisan Error itu artinya alat rusak. Bila pada layar keluar tulisan OK itu artinya alat dapat dipakai. Untuk mengecek kadar gula, sisipkan chip gula dan strip gula lebih dulu. Di layar akan keluar kode yang sama dengan yang tercetak di botol strip. Sesudah itu akan keluar ikon tetes darah berkedip-kedip.

Cara cek gula darah dilanjut dengan menempatkan jarum ke lancing device atau alat tembak serupa pulpen, atur dulu kedalaman tusukan jarum. Pakai tisu alkohol di ujung jari sebagai prosedur standar agar tak terjadi infeksi. Tusukkan lancing device ke ujung jari, tekan-tekan sehingga darah bisa keluar. Sentuhkan strip gula pada darah di ujung jari yaitu di bagian yang terdapat tanda panah. Darah segera terserap hingga ujung strip dan berbunyi beep. Nantikan beberapa saat dan hasilnya akan muncul di layar.


loading...
Theme Editor by Seo v6