Langsung ke konten utama

Cara Cek Kecepatan Internet dari ISP

Indonesia adalah salah satu negara di Asean dan bahkan di dunia yang memiliki kecepatan internet lambat. Bukan rahasia lagi jika para pengguna internet di Indonesia selalu mengeluhkan lambatnya koneksi internet yang mereka gunakan kendati saat membeli paket pihak operator mengklaim kecepatan akses paket yang dijualnya berada di skala Mbps. Namun apa lacur, saat digunakan, konsumen hanya disuguhi skala kbps pada kecepatan internet yang digunakannya. Anda sebagai pengguna akses internet di Indonesia sebaiknya tahu cara cek kecepatan internet yang diberikan oleh operator data langganan anda.


Cara cek kecepatan internet bisa menggunakan 2 metode yaitu dengan ping ke suatu alamat website tertentu dan kedua memakai layanan yang diberikan website Speedtest.net. Cara pertama paling gampang yakni dengan melakukan ping. Pastikan komputer anda sudah tersambung ke internet.
Pada komputer dengan program Windows, buka jendela Command Prompt (CMD) dengan klik 'Start' - 'All programs' - 'Accessories' kemudian klik 'Command Prompt'. Dari jendela yang terbuka anda tinggal mengetikkan : ping www.facebook.com -t. Anda boleh mengetikkan alamat website apa saja. Kemudian tekan enter dan lihat hasilnya. Anda tinggal melihat nilai time, makin kecil angka time itu artinya koneksi internet yang anda gunakan cukup cepat membuka website tadi (Facebook.com), namun bila angka time besar maka artinya koneksi yang anda gunakan cukup lambat. Sedangkan jika keluar pesan 'Request time out' itu artinya koneksi internet yang anda gunakan sedang putus.

Cara cek kecepatan internet selanjutnya yakni menggunakan layanan yang diberikan oleh website Speedtest.net. Pertama buka websitenya di alamat www.speedtest.net. Pastikan komputer anda sudah tersambung ke internet. Dari halaman muka yang terbuka tekan saja tombol 'Begin Test' dan nantikan saja sampai prosedur test kecepatan berakhir. Dari hasil terlihat berapa kecepatan ping (dalam satuan mili second), kecepatan download (dalam satuan Mbps) dan kecepatan upload (dalam satuan Mbps). Cara tes ini mudah sekali dan hasilnya pun detil termasuk kecepatan mengunduh dan kecepatan mengunggah.

Secara umum kecepatan internet tergantung kesibukan dan kemampuan device yang dilewati apakah dari komputer, modem, jaringan dari ISP (Internet Service Provider) dan sebagainya. Agar memberikan hasil yang akurat, anda bisa melakukan tes di luar jam-jam sibuk penggunaan akses internet. Coba tes dilakukan di pagi hari atau tengah malam. Saat melakukan tes jangan membuka program lain atau malah melakukan download sebab bisa memberi pengaruh pada keakuratan test yang dilakukan. Beberapa ISP karena alasan marketing biasanya memberikan klaim kecepatan internet yang diberikannya hingga kecepatan Mbps, namun itu hanya angka ideal yang tak mungkin bisa dicapai. Terlebih jika dalam satu waktu bersamaan jaringan sedang digunakan banyak pelanggan. Jelas kecepatan akan turun secara signifikan.


loading...
Theme Editor by Seo v6