Tata Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi Via Online

Pengertian akreditasi perguruan tinggi secara harfiah adalah bentuk pengakuan masyarakat atau pengakuan pihak luar pada perguruan tinggi tersebut. Bentuk pengakuan tersebut pastinya berdasarkan pada sejumlah parameter tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Akreditasi perguruan tinggi bertujuan utama memberikan suatu jaminan kepada masyarakat pengguna jika perguruan tinggi terkait memang layak mengadakan kegiatan belajar-mengajar. Selain itu adanya akreditasi perguruan tinggi akan memberikan jaminan hasil lulusannya memang bisa diandalkan oleh masyarakat khususnya perusahaan yang akan menggunakannya.

Diterbitkannya UU Nomer 12 tahun 2012 yang mengatur Pendidikan Tinggi mewajibkan tiap program diploma, institut dan perguruan tinggi wajib memiliki status akreditasi sejak 14 Agustus 2014 yakni bersamaan dengan diberlakukannya Undang-Undang tersebut. Meski  dalam praktiknya hingga tahun 2014 lalu masih ada setidaknya 6 ribu program studi di perguruan tinggi yang belum mengantongi status akreditasi. Lulusan SMA maupun para orang tua yang mempunyai anak yang ingin meneruskan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi tentunya harus paham dulu cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi yang hendak dituju. Tentu para calon mahasiswa berharap mereka bisa mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai standar yang  nantinya setelah lulus mereka memiliki kompetensi sesuai tuntutan dunia usaha ataupun instansi baik swasta maupun pemerintah.

Dalam pelaksanaannya pemerintah dalam hal ini kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tahun 1994 mendirikan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Badan ini adalah lembaga tunggal yang melaksanakan akreditasi. Tugas terpenting badan ini terutama meningkatkan daya saing pendidikan tinggi sekaligus memperkuat  keahlian dalam pengelolaan PT sehingga mampu memenuhi standar yang telah ditentukan. Wewenangnya termasuk juga melakukan akreditasi bagi semua institusi pendidikan tinggi baik itu PTN, PTS, Perguruan Tinggi Agama hingga Perguruan Tinggi Kedinasan.

Cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi bagi masyarakat yang ingin mengetahuinya cukup dengan membuka website resmi BAN-PT. Selain mengecek status akreditasi program studi untuk seluruh perguruan tinggi, dengan website ini bisa juga dicek tanggal habisnya masa akreditasi yang diberikan. Memanfaatkan data tersebut maka masyarakat akan mendapatkan informasi jelas tentang akreditasi Perguruan Tinggi yang dituju. Berikut cara cek Akreditasi Perguruan Tinggi  :

·    Buka website resmi BAN-PT dengan link di http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php
·    Tentukan dulu Kopertis Wilayah misalnya 11, namun bila tak tahu pilih opsi 'Semua'.
·    Tentukan Tingkat atau jenjang Studi misalnya S1 atau biarkan saja dengan pilihan 'Semua'.
·    Isikan nama perguruan tinggi misalnya Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Bandung.
·    Isikan juga nama program studi misalkan teknik Komputer, namun boleh juga tetap kosong jika memang tidak tahu nama program studinya.
·    Pada opsi Tahun Kadaluarsa SK pilih 'Semua'.
·    Pada opsi Status Kadaluarsa SK pilih 'Tampilkan semuanya'.
·    Akhiri dengan menekan tombol 'Cari'.