Cara Cek Cendol di Kaskus Forum

Kini dunia online bukan sesuatu yang asing lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Aneka aktifitas online boleh dilakukan apakah itu menuliskan pengalaman di blog pribadi, membagi bakat yang dimiliki, mencari teman lama, mencari kekasih dan juga sebagai sarana menghasilkan uang lewat berjualan. Sebagian orang ada yang setiap saat selalu eksis di jejaring sosial populer seperti Facebook dan Twitter. Tujuan utamanya seringnya untuk mencari teman atau hanya sekedar berinteraksi dengan orang lain. Sebagian orang yang lain memakai internet untuk membangun website atau blog untuk membagikan pengetahuan mereka tentang hal-hal yang mereka kuasai. Banyak pula yang aktif di beberapa forum online demi membagikan pengetahuan, keahlian, pengalaman atau malah menggunakannya untuk berjualan.


Berbincang seputar forum online tentu para onliners akan merekomendasikan Kaskus.co.id menjadi forum online dengan jumlah anggota terbanyak yang pernah ada di Indonesia. Di sana ribuan orang berkumpul setiap harinya untuk saling berinteraksi dengan sesama anggota lain. Bisa membicarakan apa saja dari yang ringan hingga urusan politik. Tersedia banyak kategori dengan sub kategori di dalamnya sesuai dengan interest pembahasan. Bahkan di kaskus pun disediakan ajang tersendiri dimana para anggota bisa melakukan aktifitas jual beli antar sesama. FJB atau Forum Jual Beli Kaskus adalah tempat khusus untuk itu. Jika anda adalah salah satu anggota di forum yang satu ini tentu paham bahwa anggota dengan reputasi tinggi akan lebih dipercaya oleh anggota lain daripada anggota dengan reputasi sedikit. Reputasi tersebut diberikan dalam bentuk kotak-kotak hijau yang sering disebut Cendol. Boleh jadi lantaran warna dan bentuknya yang serupa cendol makanya dinamakan demikian. Bagi mereka yang menggelar dagangannya di FJB, Cendol sangat diperlukan untuk meningkatkan reputasi sebagai penjual. Jumlah cendol yang berderet-deret menandakan jika anggota tersebut bisa dipercaya dalam hal jual beli.

Kebalikannya jika anggota memiliki banyak ikon bata merah artinya dia memiliki reputasi yang jelek. Cendol didapatkan dari anggota Kaskus lain jika mereka merasa puas dengan layanan atau produk yang dijualnya. Namun jika anggota lain sebagai pembeli tak puas dengan layanan atau produk jualannya maka dia bisa memberikan reputasi negatif berupa kotak berwarna merah ke orang itu. Memiliki cendol yang banyak pastinya akan makin mempermudah seseorang dalam menjual produk atau layanan sebab anggota lain sudah percaya lebih dulu. Sebaliknya jika bata merah yang banyak dimilikinya maka penjual itu tentu diragukan kredibilitasnya.

Masih bingung dengan cara cek cendol di Kaskus Forum? Caranya sangat mudah, namun sebelumnya anda harus login terlebih dulu menggunakan akun yang anda miliki. Berikutnya klik profil account , di bawahnya ditemukan deretan kotak hijau, nah itulah cendol. Anda pun bisa mengetahui siapa saja anggota lain yang mengirimkan cendol namun syaratnya anda harus berstatus donatur terlebih dahulu dengan memberikan donasi uang sejumlah tertentu. Jika anda berniat berjualan di Kaskus Forum, segera bangun cendol reputasi anda di sana.