Cara Cek Harddisk Memanfaatkan 4 Tool Gratis

Harddisk yang terpasang di komputer atau laptop bisa saja bermasalah yang membuat data-data yang tersimpan di dalamnya tak bisa terselamatkan. Anda pastinya tak ingin kejadian tersebut anda alami. Maka dari itu penting merawat kondisi harddisk agar bisa selalu berfungsi normal. Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa cara cek harddisk berikut ini. Anda akan tahu masih sehatkah harddisk laptop atau komputer anda dengan beberapa tool berikut ini :


1. Cek dengan CrystalDiskInfo
Software CrystaliskDiskInfo bisa berfungsi sebagai pemonitor kondisi harddisk yang cukup bisa diandalkan sebab dapat segera memastikan performa harddisk, suhu dan juga data teknis diantaranya kapasitas harddisk, angka RPM, firmware, tipe interface sampai serial number (SN). Tool CrystaliskDiskInfo sekarang ini telah memasuki versi 4.1.1 dan dapat dijalankan di Windows 7, Windows Server 2008, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows XP 32 bit atau 64 bit. Unduh tool ini di http://crystalmark.info/download/index-e.html.

2. Cek dengan HDDLifePro
Cara cek harddisk dengan tool HDDLife akan memperlihatkan data harddisk meliputi health status, performance, temperature, resource dan free space. Pengguna bisa mengunduh versi trial di http://hddlife.com/HDDlifePro.msi. Dengan tool handal ini pengguna akan mendapatkan peringatan dini jika terjadi kesalahan harddisk karena program berjalan di background.  Terdapat fitur yang disebut JustNow! yang memungkinkan pengguna melihat kesehatan dan kinerja HDD segera setelah program berjalan. JustNow! menampilkan kesehatan dan kinerja dalam bentuk persentase dan tak lagi menunggu surface scan yang lama.

3. Cek dengan Harddisk Sentinel DOS Edition
Tool selanjutnya yakni Hard Disk Sentinel  DOS Edition berbentuk Bootable CD.  Menggunakan CD Harddisk Sentinel DOS Edition ini malah dapat mengecek kondisi harddisk ketika operating system Windows tak mampu melakukan booting karena masalah pada harddisk. Sebelumnya unduh dahulu software ini dalam format ISO image. Sesudah diunduh selanjutnya lakukan burning file ke CD. Bisa menggunakan software gratis seperti BurnCDCC atau Free ISO Burner. Fungsikan CD Hard Disk Sentinel  DOS Edition untuk pilihan pertama booting, otomatis tool mengecek performa harddisk secara keseluruhan misalnya health status, temperature, power on dan performance. Status kesehatan akan terlihat :  warna hijau untuk status harddisk yang bagus, warna kuning untuk status tak begitu bagus dan warna merah untuk status harddisk rusak. Unduh program di http://www.hdsentinel.com/hdsdos/hdsdos_cd.zip.

4. Cek dengan perintah CHKDSK / Disk Error Checking Tool
Dalam memastikan sebuah Harddisk terdapat bad sector anda dapat menggunakan tool CHKDSK/Disk Error Checking Tool. Seringnya harddisk akan menunjukkan gejala kinerja komputer yang melambat dan bahkan sering mengalami ‘hang’. Untuk itu anda bisa mengetikkan perintah CHKDSK.exe di dalam jendela command prompt Windows. Pertama klik Start > All Program > Accessories > Command Prompt. Atau tekan tombol windows+R secara bersamaan selanjutnya ketikkan ‘cmd’ dan Enter. Begitu Windows terbuka, ketik ‘CHKDSK‘ lalu Enter. Proses scanning otomatis mulai berjalan, tunggu beberapa saat hingga selesai dan data lengkap kondisi harddisk akan ditampilkan.