Langsung ke konten utama

Cara Cek HP Samsung, Perhatikan 10 Parameter Berikut

Di Indonesia banyak beredar barang-barang palsu atau KW termasuk ponsel. Hp merek Samsung adalah yang paling banyak dibuat replikanya. Biasanya produk Hp Samsung replika berasal dari China yang dibanderol dengan harga cukup murah. Bagi awam mungkin sangat sulit membedakan mana produk Hp Samsung asli dan mana yang merupak kopiannya. Maka itu sebelum membeli, konsumen harus paham dulu cara cek Hp Samsung dari beberapa parameter berikut ini :


- Harga
Cara cek HP Samsung untuk memastikan keasliannya salah satu parameter yang digunakan adalah harga. Samsung Galaxy original umumnya mempunyai selisih harga cukup signifikan dibanding Samsung Galaxy Supercopy atau sejenisnya. Contohnya saja harga Galaxy Note 4 original yang dibanderol Rp.8 jutaan, namun repilkanya hanya ditawarkan Rp.2 jutaan saja.

- Kondisi Unit
Hp Samsung orisinil baru selalu diselubungi plastik wrap berlogo Samsung. Sementara untuk replika-nya tak ada ada.

- Jarak tombol Home dengan panel layar
Jarak tombol Home dengan panel touchscreen pada Hp Samsung asli cukup dekat dibanding Supercopy. Ini menandakan Samsung asli memang menggunakan teknologi terkini yang cukup detil.

- Isi dosbook lengkap
Ketika membeli smartphone Samsung baru maka konsumen wajib mengecek kelengkapan yang terdapat dalam dus kemasan. Cek bahwa di dalamnya ditemukan buku panduan, earphone, cadangan earbud, kabel USB, baterai, unit charger, dan kartu garansi resmi dengan sticker hologram SEIN (Samsung Electronics Indonesia).

- Segel baterai dan di panel dalam
Cek bahwa bahwa terdapat sticker hologram 3D dengan tulisan Samsung dan SEIN di baterai dan di bodi sebelah dalam unit.

- Resolusi layar
Pembeli sering terkecoh bila memang mereka sebelumnya belum pernah memiliki atau melihat ketajaman layar Hp Samsung asli. Layar pada Hp Samsung asli mampu memberikan tampilan gambar dan warna yang sangat jernih, jauh sekali bila dibanding dengan produk Supercopy.

- Bahasa yang digunakan
Cara ceek Hp Samsung untuk poin ini cukup mudah dilakukan sebab umumnya Hp replika terutama produk China masih memakai bahasa China untuk menu setting dan beberapa menu lain di dalamnya.

- Kode IMEI
Sebelum memutuskan membayar, cek dulu kode IMEI yang tercetak di kemasan kardusnya. Kemudian samakan dengan kode IMEI di ponsel yang bisa dilihat dengan dial ke *#06# OK. Kalau kode IMEI tak keluar atau tak sama dengan yang ada pada dus kemasan maka dicurigai itu merupakan barang replika.

- Tombol Home
Cara cek Hp Samsung pun bisa dideteksi di tombol Home. Untuk yang asli sangat empuk jika ditekan sementara replikanya agak keras dan terkadang menimbulkan suara saat ditekan.

- Software yang digunakan
Bila memang diijinkan penjual coba aktifkan fitur Wifi dan unduh aplikasi AnTuTu benchmark dan instal ke ponsel. Segera akan ketahuan keaslian hp itu. Sebab bila ponsel tadi merupakan produk replika biasanya akan keluar Unknown Device.


loading...
Theme Editor by Seo v6