Cara Cek IP Address Gunakan 3 Layanan Ini

IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol Address yang digunakan sebagai "Alamat" unik yang terkait dengan semua aktivitas online yang dilakukan menggunakan komputer/laptop atau perangkat lain. Dengan IP Address maka komputer yang terhubung ke Internet satu sama lain akan bisa saling berkomunikasi. Ketika Anda melakukan aktifitas online eperti membuka email, berbelanja atau chatting maka permintaan Anda harus dikirim ke tujuan yang tepat sekaligus nantinya respon informasi akan datang kembali kepada Anda. Sebuah alamat IP memainkan peran penting dalam hal ini.


Komputer yang Anda gunakan terhubung ke Internet sebenarnya tak secara langsung sebab pertama-tama komputer terhubung dulu ke jaringan ISP dan baru kemudian dari ISP diteruskan ke internet. Alamat IP mungkin anda jarang berpikir tentangnya, tapi itu sangat penting untuk semua aktifitas online yang Anda lakukan. Tanpa alamat IP, Anda tidak akan bisa mendapatkan update cuaca hari ini, memeriksa berita terbaru atau melihat video secara online. Mengapa? Karena tanpa alamat IP maka website seperti CNN atau ESPN tidak akan tahu kemana harus mengirim informasi yang Anda minta. Sebab mereka tak tahu keberadaan alamat komputer anda.

Begitu pentingnya alamat IP ini pling tidak anda pun harus tahu cara cek IP Address komputer sendiri yang terhubung ke internet. Beberapa layanan online cara cek IP Address komputer/laptop yang bis digunakan adalah sebagai berikut :

1. Cek di IP SAYA
Layanan yang beralamat di http://www.ipsaya.com/ ini cukup mudah digunakan. Tinggal membuka alamat website di browser maka pengguna akan langsung diberikan data lengkap mengenai IP Address utama komputer yang digunakan, IP Address yang digunakan, browser yang digunakan, Proxy yang digunakan (jika ada), jenis koneksi, ISP yang digunakan, kota, negara dan device yang digunakan. Tak cuma cek IP Address, di IP SAYA pengguna pun bisa melakukan Cek Ping, Cek Site Header, Cek Hosting Lokasi, Cek DNS Records, Cek Alexa Rank dan sebagainya.

2. Cek di INTIP
Pengguna cukup membuka alamat http://www.intip.net/ di browser. Otomatis halaman yang berisi detil IP Address yang digunakan akan tertampil. Ditampilkan juga alamat Hostname dan Country atau negara asal. Di INTIP pengguna pun bisa menggunakan fitur Kalkulator IP Subnet untuk menghitung alamat IP Subnet, IP Netmask, Wilcard, Network, Broadcast, First Host serta Last Host & Number of Host.

3. Cek di whatismyipaddress
Beralamat di http://whatismyipaddress.com/ip-tools layanan ini berbasis di luar negeri. Pengguna cukup membuka website ini dan kemudian klik pada menu MY IP. Maka IP Address yang digunakan, nama ISP, kota dan negara akan ditampilkan.