Langsung ke konten utama

Cara Cek Koil Mobil Bagi Awam

Beberapa cara bisa ditempuh untuk memastikan kondisi mesin mobil. Satu diantaranya ialah dengan mengecek kesehatan koil. Fungsi koil ecara umum baik pada motor maupun mobil yaitu melipatgandakan tegangan listrik yang berasal dari aki 12 volt untuk dihasilkan ribuan volt (antara 12 ribu volt hingga 15 ribu volt) tegangan listik. Sehingga jangan sekali-kali memegang kabel busi kala mesin mobil dalam kondisi hidup. Tegangan sebesar itu kemudian dihantarkan ke komponen busi lewat delco sehingga menyebabkan busi bisa memercikkan api pembakaran.

Koil yang bagus yakni yang sanggup memberikan tegangan listrik yang cukup besar dan stabil di semua putaran mesin. Sehingga sesudah mengeluarkan tegangan puncak di angka putaran mesin tertentu, koil yang bagus tak akan menunjukkan grafik menurun tajam. Jika grafik terlihat turun tajam itu menandakan performa koil cukup jelek untuk putaran tinggi. Sementara pada putaran tinggi sangat memerlukan pembakaran yang besar. Koil berbentuk kumparan dengan lilitan kawat email berjumlah tertentu. Lilitan kawat email tersebut kemudian dibungkus boks koil. Koil dinamakan juga dengan kumparan pengapian melihat fungsinya sebagai pencetus lentikan api.

Gelagat koil mobil yang bermasalah memang agak sulit dikenali semenjak dini sebab dengan tak terduga mobil tiba-tiba mati lebih-lebih jika mesin panas. Kendati demikian satu tanda bisa diketahui jika koil mobil bermasalah yaitu ketika mesin dalam keadaan stasioner kemudian pedal gas diinjak maka mesin tersendat-sendat. Untuk memastikannya harus dilakukan pengecekan. Cara cek koil mobil yang bermasalah bisa dilakukan oleh awam dengan prosedur seperti berikut ini.

Pertama dekatkan kabel negatif yang terdapat pada koil mobil ke ground atau bodi mobil. Selanjutnya lepaskan ujung kabel yang menuju ke distributor (delco) dan tempelkan ke massa. Posisikan kunci kontak ke ON selanjutnya cek menggunakan kabel negatif yakni dengan menempelkan dan menjauhkannya dari ground. Amati ujung kabel yang tadi terhubung ke distributor, jika menghasilkan lentikan api dengan warna kebiruan artinya koil mobil  masih bagus, dan jika berwarna kemerahan itu artinya koil mobil dalam kondisi lemah dan sebaiknya segera dilakukan penggantian dengan yang baru.

Namun untuk langkah darurat ketika mobil kerap mogok dan mesin panas disebabkan koil yang bermasalah maka bisa diambil tindakan mengkompres koil dengan air dingin. Intinya jangan sampai koil mobil dalam kondisi sangat panas sebab akan mengakibatkan mesin mati mendadak.


loading...
Theme Editor by Seo v6