Langsung ke konten utama

Cara Cek Ongkir Pos Via Online Termudah

Banyak opsi jasa pengantaran barang dan dokumen yang bisa dipilih oleh konsumen. Namun jika mereka menginginkan ongkos murah dengan ketepatan waktu maka pilihnnya hanya jasa yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia. Para pengguna bisa mengecek terlebih dulu biaya yang akan dikenakan dengan berat paket tertentu memanfaatkan kemudahan yang disediakan situs resmi PT. Pos Indonesia di alamat http://www.posindonesia.co.id/. Konsumen dapat membandingkannya dengan tarif paket yang ditawarkan jasa ekspedisi lainnya. Cara cek ongkir Pos via internet, pertama buka website Pos Indonesia. Setelah laman homepage tersaji di sana terlihat beberapa menu di sebelah atas, klik 'Layanan Pelanggan'.

Jika para pengguna akan mengkalkulasi berapa ongkos kirim jika mereka akan mengirim paket tujuan dalam negeri maka bisa memilih dropdown menu 'Kiriman Pos'. Selanjutnya akan terbuka halaman baru 'Tarif Kiriman Pos'. Pertama adalah menentukan Asal dengan mengetikkan kota asal. Misalnya Jakarta Barat, pengguna bisa memilih salah satu dari daftar pilihan dropdown untuk kota tersebut yang paling dekat dengan domisili pengirim contohnya GG. SUIT, HAJI KEL. -  KEC. PAL MERAH,  KOTA JAKARTA BARAT 11480. Kemudian untuk kolom Tujuan ketikkan kota yang menjadi tujuan paket misalnya Kota Semarang. Maka akan muncul pilihan dropdown, pilih yang paling sesuai dengan tujuan paket misalnya KEL. BUGANGAN KEL. BUGANGAN  KEC. SEMARANG TIMUR,  KOTA SEMARANG - 50126.

Untuk kolom Berat diisi berat paket kiriman dalam satuan gram, misalnya 1000 gram (1 kg). Untuk kolom Dimensi Kiriman boleh diisi jika memang tahu dengan pasti ukurannya, namun boleh juga tidak diisi. Untuk kolom Nilai Barang, bisa diisi atau dibiarkan kosong. Setelah itu silahkan diklik tombol 'Cari Tarif'. Maka pengguna akan disajikan layanan kiriman paket yang tersedia untuk tujuan alamat tadi. Dari contoh di atas didapatkan hasil cek ongkir Pos yaitu :

- SURAT KILAT KHUSUS dengan estimasi waktu sampai antara 2-4 hari dengan biaya Rp.16.500
- POS EXPRESS DOKUMEN dengan estimasi waktu sampai 1 hari dan biaya yang dikenakan sebesar Rp.19.500

Secara umum PT. Pos Indonesia menyediakan 3 macam layanan kiriman paket yaitu :

- POS KILAT KHUSUS dengan estimasi waktu sampai paling lambat 4 hari.
- POS EXPRESS DOKUMEN dengan estimasi waktu sampai 1 hari.
- POS EXPRESS BARANG dengan estimasi waktu sampai 1 hari.

Ongkos yang tertera pada pengecekan ongkir tadi belum termasuk PPN dan juga ongkos nilai tanggungan paket. Para calon pengguna sebaiknya memang menanyakannya langsung ke kantor Pos Indonesia terdekat. Selanjutnya mereka bisa memilih sendiri produk layanan kiriman Pos Indonesia yang paling sesuai dengan barang yang dikirimkan dan waktu sampai barang.


loading...
Theme Editor by Seo v6