Kamis, 24 September 2015

Cara Cek VGA Komputer Berikut Tips Memilih Yang Sesuai

VGA card atau kartu VGA sangat penting fungsinya di dalam sebuah hardware komputer. Menggunakan spesifikasi VGA card yang tepat maka pengguna akan bisa menggunakan komputer PC yang dimilikinya untuk memainkan game 3D dengan lancar, menggunakan software video editor secara maksimal, menggunakan Photo editor tanpa kendala, grafik 3D atau 2D editor dengan sempurna dan sebagainya. Kartu VGA disebut juga dengan GPU (Graphic Processing Unit) sebab memiliki prosesor sendiri khusus mengolah data grafis. Di pasaran setidaknya ada 2 merek GPU yang merajai yaitu NVidia dan Ati Radeon. Sebelum membeli sebuah PC untuk keperluan khusus sebaiknya anda tahu cara cek VGA komputer sehingga anda tak menyesal nantinya.


Cara cek VGA komputer untuk mengetahui tipenya bisa dilakukan langkahnya sebagai berikut. Untuk komputer dengan sistem operasi Windows XP klik menu Start kemudian sorot menu Run dan klik. Bisa juga dengan menekan secara bersamaan tombol Windows + tombol R secara bersamaan. Berikutnya pada kolom yang tersedia ketikkan dxdiag dan tekan enter. Pada jendela DirectX Diagnostic Tool yang terbuka, klik menu Display. Nah, di sana akan ditampilkan data teknis mengenai VGA komputer seperti Name, Manufacturer, Chip Type, DAC Type, Total Memory dan sebagainya.

Cara cek VGA komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7, pada kolom Search Program and Files di pojok kiri bawah ketikkan dxdiag dan tekan enter. Dari jendela DirectX Diagnostic Tool pilih menu Display. Di sana akan ditampilkan detil mengenai kartu VGA yang digunakan termasuk driver dan Direct Features. Setelah mengetahui tipe VGA komputer yang digunakan anda bisa menggunakan data-datanya jika akan melakukan upgrade VGA sehingga bisa digunakan untuk bermain game yang membutuhkan grafis berat.

Sebelum memutuskan membeli VGA card baru untuk komputer anda setidaknya beberapa hal harus diketahui. Pertama pilih dari merek terkenal jika tidak NVidia ya Ati Radeon. Harga kedua merek memang cukup mahal berkisar Rp.500 ribu hingga Rp.1 jutaan. Sementara jika ingin merek menengah pilih saja merek Zotac yang sudah terbukti handal digunakan memainkan game-game bervisualisasi tinggi. Kemudian cek juga jenis slot PCIe apakah SLI atau Crossfire. Tak semua motherboard terpasang 2 jenis slot PCIe sekaligus yaitu SLI (Nvidia) dan Crossfire (ATI Radeon). Lihat apakah VGA yang akan dibeli mendukung slot PCIe yang  ada di Motherboard.

Selanjutnya cek juga berapa nilai Core Speed. Makin tinggi nilai core speed yang bisa dihasilkan akan makin cepat pula VGA itu. Di samping core speed, lihat juga bost speed. Selanjutnya adalah kapasitas memory yang dimiliki. Misal ukuran memory VGA 512 Mb, 1 Gb dan seterusnya. Fungsi memory VGA serupa RAM komputer yakni tempat penyimpanan sementara data yang diproses GPU dan selanjutnya dikirim ke RAMDAC. Sesudah itu RAMDAC memproses data digital menjadi data visual. Selanjutnya adalah memory Clock Speed sebagai kecepatan memory Graphic Card untuk mengolah data. Makin cepat clock speed maka akan makin handal. Clock Speed memory menggunakan satuan Mhz. Port output VGA pun penting untuk diperhatikan yang meliputi D-Sub, DVI dan HDMI.
Cara Cek VGA Komputer Berikut Tips Memilih Yang Sesuai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum