Minggu, 04 Oktober 2015

Cara Cek HP Nokia, Ini Poin-Poin Yang Harus Diperhatikan

Meski kini merek Nokia mulai meredup namun masih banyak orang yang setia menggunakan ponsel buatan pabrik asal Finlandia ini. Ponsel Nokia terkenal dengan navigasi menu-menunya yang simpel sehingga mudah digunakan bahkan untuk mereka yang baru pertama kali memegang sebuah ponsel. Nokia yang kini dimiliki oleh Microsoft kabarnya tak akan membuat produk ponsel sendiri hingga tahun 2016 mendatang. Namun untuk Nokia Lumia masih tetap dipertahankan Microsoft untuk keperluan marketing produk-produk smartphone yang dijualnya.

Saat ini memilih ponsel Nokia di pasaran bukan perkara gampang sebab banyak beredar perangkat KW yang membingungkan konsumen yang hendak membelinya. Anda yang menginginkan sebuah ponsel yang tangguh, berkualitas dan mudah digunakan maka tak salah jika Nokia pilihannya. Namun sebelum membelinya anda harus tahu cara cek HP Nokia untuk memastikan keasliannya. Berikut beberapa poin cara cek HP Nokia yang perlu diketahui konsumen :

- Coba ketikkan kode *#2820# jika itu adalah ponsel Nokia original tentu akan muncul kode address atau meminta pengaktifkan fitur Bluetooth. Jika ponsel itu sebagai buatan China maka biasanya tak keluar kode apa pun pada layar.

- Cari di menu profil jika terdapat menu Bluetooth itu artinya ponsel itu jelas sebagai made in China.
   
- Pada folder image jika nama file foto menggunakan IMG maka bisa dipastikan ponsel itu sebagai produk China.
   
- Lihat konektor baterai, jika itu ponsel Nokia original maka terdapat VBAT-BSI-GND. Sementara untuk ponsel China biasanya hanya ada VBAT dan GND saja.
   
- Ketikkan kode *#0000# sehingga akan keluar nomer serial, tanggal produksi, (C), RH atau RM dan language. Jika itu sebagai buatan China maka tak akan muncul semua data tadi.

- Lihat pada fitur kartu SIM jika ada 2 maka kemungkinan bukan HP Nokia asli. Itu berlaku untuk tipe ponsel Nokia lama, untuk yang baru seperti seri Nokia 105 dan Nokia Asha sudah mengusung fitur Dual SIM.

- Bila ponsel memakai fitur layar sentuh, coba buka dan pasang kembali panel touch screen itu. Betapa itu adalah ponsel Nokia asli maka tak akan ada pesan untuk melakukan kalibirasi pena. Sebaliknya jika itu Nokia KW maka touchscreen akan error muncul pesan untuk dilakukan kalibirasi kembali.
   
- Poin cara cek HP Nokia adalah dengan melihat seri prosesor. Jika yang digunakan adalah seri MTK (Mediatek, nama produsen prosesor) maka ponsel itu kemungkinan bukan lah ponsel Nokia asli.
Cara Cek HP Nokia, Ini Poin-Poin Yang Harus Diperhatikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum