Langsung ke konten utama

Cara Cek Kapasitas RAM Laptop dan Tips Meningkatkan Performanya

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja laptop lama adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM. Namun ternyata menambahkan RAM ini  lebih sulit daripada mengganti bola lampu. Tidak setiap laptop mudah untuk diupgrade kapasitas memorinya. Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan meng-upgrade RAM adalah memastikan bahwa laptop lama tersebut mendukungnya. Anda harus tahu dulu cara cek RAM Laptop sehingga bisa menentukan berapa banyak kapasitas yang dapat ditambahkan.

Biasanya BIOS dan motherboard membatasi jumlah RAM yang dapat Anda tambahkan ke laptop. Setiap model berbeda, sehingga anda harus tahu dulu spesifikasi laptop tersebut dengan mencarinya di website vendor. Ini juga untuk memastikan apakah memang aman setelah dilakukan peningkatan memori laptop tersebut. Selanjutnya, Anda perlu tahu dengan betul bagaimana memori yang terinstal itu berikut jumlah dan tipe slot. Misalnya, laptop Anda mungkin hanya memiliki dua slot memori dengan kapasitas masing-masing 256MB atau kapasitas totalnya 512MB. Untuk melakukan upgrade ke 1GB maka anda harus membeli dua modul RAM 512MB. Atau mungkin memori lama berkapasitas 512MB pada salah satu slot sementara satunya kosong, maka dalam hal ini Anda hanya perlu menambahkan modul RAM 512MB kedua untuk mencapai 1GB.

Cara cek RAM laptop untuk mengetahui kapasitas pastinya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama dengan masuk ke BIOS, caranya saat booting segera tekan tombol F2 beberapa saat sehingga menu BIOS akan muncul. Di tampilan menu ini akan disajikan secara detil spesifikasi laptop yang bersangkutan termasuk berapa kapasitas RAM yang digunakan. Pilihan cara cek RAM laptop yang lain adalah dengan menggunakan menu di Windows jika memang laptop menggunakan OS ini. Untuk laptop dengn OS Windows 7 bisa dengan klik Start - Control Panel - System dan kapasitas memori yang terinstal di laptop akan tertera di sana.

Selain menambah kapasitas RAM, performance sebuah laptop pun bisa ditempuh dengan beberapa cara berikut ini :

- Memperbesar Virtual Low Memory
Caranya klik Start - ControlPanel - System - Advanced System Settings - Advanced. Di menu Performance klik tombol Settings - Advanced - Change dan hilangkan tanda centang di “Automatically manage paging file size for all drives”. Lalu pilih“Custom size” dan isikan “Initial size” dan “Maximum size” dengan besaran pada “Recommended” selanjutnya klik “Set” dan klik OK.

- Menginstal aplikasi RAM Cleaner
Memakai RAM Cleaner maka low on memory tak akan muncul.

- Menggunakan System restore.

- Menggunakan aplikasi CCLeaner.

- Lakukan uninstal pada program-program yang tak dibutuhkan.

- Delete file double, log file dan juga file sampah. Caranya klik Start - Run lalu ketikkan perintah prefetch à select all à Shift + Del)

- Delete File yang terdapat dalam Recycle Bin dan Cookies.

- Lakukan instal ulang OS Windows yang digunakan.




loading...
Theme Editor by Seo v6