Senin, 19 Oktober 2015

Cara Cek Windows 32-Bit Atau 64-Bit Termudah

Pada sistem komputer jumlah bit processor menandakan ukuran data yang bisa dikirimkan serta kapasitas registry yang berfungsi menyimpan informasi komputer. Sehingga 1 bit itu memiliki dua nilai komputasi yaitu 0 dan 1. Sebuah processor 32-bit mampu mengakomodasi hingga 64 komputasi sementara processor 64-bit mampu memuat sampai 256 komputasi atau 4 kali lebih banyak. Prosesor 32 Bit atau 64 Bit pun akan menentukan sistem operasi yang digunakan apakah mendukungnya atau tidak termasuk OS Windows.


Penjelasan berikut ini untuk mengecek prosesor komputer atau laptop Windows apakah dari jenis 32 bit atau 64 bit. Pertama bisa menggunakan  software pihak ketiga gratis yang dinamakan SecurAble yang bisa diunduh di alamat : https://www.grc.com/files/securable.exe. Setelah terinstal di komputer atau laptop, jalankan dan Info instant Processor akan tertampil. Prosesor 64-bit dapat diinstal Windows 32-bit atau 64-bit, sementara prosesor 32-bit cuma untuk Windows 32-bit saja.

Sementara untuk cara cek Windows 32Bit atau 64Bit pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows Vista, 7 dan 8 yakni dengan klik Start kemudian klik kanan My Computer kemudian Properties. Di 'System' tercantum 'System type' dan tertera sistem operasi windows yang dipakai apakah itu Windows 32-bit atau Windows 64-bit. Cara lainnya adalah dengan klik Start - All Programs - Accessories - System Tools - System Information. Pada 'System Information' perhatikan 'System Type' di sana tertera tipe Windows yang dipakai bila "x86" itu artinya 32-bit sementara bila "x64"itu artinya 64-bit.

Cara cek Windows 32Bit atau 64Bit pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows XP, pertama klik Start - klik kanan My Computer -Properties. Di System Properties ini tertera sistem operasi Windows yang dipakai apakah Windows 32-bit atau Windows 64-bit. Cara lain dengan menekan tombol Win+ tombol R selanjutnya ketikkan sysdm.cpl dan tekan Enter. Ditampilkan jendela "System Information" klik pada "System Summary" dan di "system type" nampak X86-based PC itu artinya komputer/laptop memakai system Windows 32-bit. Namun bila di "System Type" tertera "EM64T" artinya komputer/laptop memakai system Windows 64-bit.

Khusus untuk mengecek komputer / laptop MacOSX apakah menggunakan sistem 32-bit atau 64-bit caranya Launch Terminal app lihat pada Applications/Utilities. Di "Prompt", ketikkan uname -a dan di terminal tertera 2 baris teks. Amati baris kedua akan terlihat : RELEASE_I386 i386 ; the latest "i386" itu artinya komputer Mac anda menggunakan versi 32bits kernel. Sementara jika tertera RELEASE_X86_64 x86_64 ; the latest "x86_64" maka itu artinya komputer Mac menjalankan 64bits kernel.

Cara Cek Windows 32-Bit Atau 64-Bit Termudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum