Pilihan Cara Cek Kecepatan Speedy Telkom

Setiap pengguna internet pastinya menginginkan akses internet yang cepat dan kalau bisa ngebut. Untuk masa sekarang hal tersebut tentu bukan hal yang sulit untuk diperoleh. Kebanyakan operator telekomunikasi di Indonesia pun sering beriklan layanan menawarkan koneksi super cepat. Namun itu sering juga tak seperti yang dijanjikan. Namun jika anda menggunakan layanan internet Speedy, akses internet cepat akan anda dapatkan setiap saat. Umumnya saat jaringan internet Speedy yang anda pakai melambat tentu anda memiliki keinginan untuk mengecek berapa kecepatan internet yang tersedia. Cara cek kecepatan Speedy Telkom bisa dilakukan dengan memanfaatkan layanan dari website Telkom Speedy.


Pertama buka dulu halaman pengecekan di alamat www.telkomspeedy.com/index.php/main/speedy/test/Speedy.test. Laman yang berisi map seluruh wilayah di Indonesia akan terpampang. Untuk mengecek kecepatan koneksi silahkan ditentukan dulu titik server speedy dari lokasi Anda menyambung internet sebab kecepatan koneksi untuk setiap wilayah akan berbeda-beda. Sesudah titik server ditentukan maka pengguna akan diarahkan ke bagian pengecekan kecepatan internet Speedy. Klik tombol 'Begin Test' agar pengecekan kecepatan internet bisa dilakukan.

Sesudah tombol 'Begin Test' ditekan maka pengguna akan disajikan layar dengan tampilan gambar speedometer dengan sisi kanan dan kiri tertera keterangan download Speed dan upload Speed. Tunggu beberapa saat sampai pengecekan kecepatan internet ini selesai. Proses ditandai dengan bergerak-geraknya jarum jarum speedometer dengan angka kecepatan download dan upload tertera di bawahnya. Alamat IP address komputer yang digunakan pun akan tertera di sebelah bawah speedometer. Sebentar saja akan langsung terlihat hasil pengecekan ini berupa kecepatan download dan upload data. Nilai kecepatan download tertera di sisi kiri layar, sedangkan nilai kecepatan upload tertera di sisi kanan layar. Waktu pengecekan pun akan ikut diberikan.

Cara cek kecepatan Speedy Telkom pun diberikan oleh beberapa layanan pihak ketiga. Layanan ini tak hanya untuk mengecek kecepatan internet Speedy namun juga untuk semua layanan internet yang diberikan oleh ISP. Beberapa website yang memiliki fitur cek kecepatan internet diantaranya yang cukup populer adalah :

- Layanan speedtest.net. Tes kecepatan internet yang satu ini dipersembahkan oleh Ookla. Prosedur pengecekan dengan layanan ini cukup mudah. Tinggal buka website-nya kemudian tekan tombol 'Begin Test' dan tunggu sebentar. Kecepatan download dan upload akan tertera di sana.

- Layanan dari Indosat dengan membuka alamat di http://indosat.com/id/personal/internet-blackberry/speed-test. Tinggal klik tombol 'Begin Test' dan pengetesan langsung dilakukan. Nilai kecepatan download dan upload akan disajikan dalam satuan Mbps. Diberikan pula nama ISP yang digunakan berikut IP Address-nya.