Begini Cara Cek OS Android di Smartphone dan Tablet

Perlunya memastikan versi OS Android di smartphone adalah salah satu upaya mengantisipasi supaya anda tak tertipu. Apakah itu saat anda hendak membeli ponsel Android seken, perangkat tablet maupun smartphone baru. Setiap produk yang dijual di pasaran baik itu buatan lokal maupun luar pasti mempunyai versi Android yang berbeda-beda. Cara cek OS Android di smartphone tak mesti terpancang dengan melihat brosur jika kita membelinya dalam kondisi new.


Tak jarang terjadi sebuah smartphone Android baru yang di brosurnya tertera menggunakan sistem operasi Android v.4.4 KitKat namun setelah dibeli dan dicek di perangkatnya langsung ternyata hanya membawa OS v.4.3 Jelly Bean. Untuk itu anda perlu mengetahui dengan benar cara cek OS Android sehingga bisa memastikan dengan tepat versi yang digunakan. Tersedia beragam cara supaya anda tahu dengan pasti OS Android yang digunakan yaitu :

- Cara cek OS Android langsung di ponsel
Langkah ini cukup mudah dan dapat dijalankan untuk keseluruhan versi OS Android. Pertama tap menu "Setting" dan selanjutnya pilih menu "About Device" atau "About Phone". Di keterangan Android version akan tertera nomor versi OS Android yang digunakan.

- Cara cek OS Android lewat internet.
Cukup dengan membuka browser yang terinstal di perangkat smartphone ataupun tablet Android. Selanjutnya buka website layanan cek OS Android dengan alamat di www.whatismyandroidversion.com. Website pihak ketiga ini akan menampilkan dengan detail versi Android yang digunakan.

- Cara cek OS Android memanfaatkan aplikasi.
Pertama anda harus mendownload kemudian menginstal aplikasi Check My Android yang terdapat di Google Play Store. Selanjutnya jalankan aplikasi tadi maka otomatis aplikasi akan men-scan dan menampilkan beberapa data seperti versi Android yang digunakan, versi Chipset, jenis display, prosesor, kapasitas ROM serta processor grafis jika memang ada.

Dan sebagai bahan pengetahuan, OS Android besutan Google ini memiliki beberapa versi dari yang pertama v.1.0 yang belum diberi nama hingga yang terbaru v.6.0 Marshmallow. Berikut selengkapnya pembaharuan versi OS Android hingga versi terbaru :

1. Tanpa nama (Android versi 1.0.1.1)
2. Cupcake (Android versi 1.2 - 1.5)
3. Donut (Androidversi 1.6)
4. Eclair (Android versi 2.0 - 2.1)
5. Froyo (Android versi 2.2 - 2.2.3)
6. Gingerbread (Android versi 2.3 - 2.4)
7. Honeycomb (Android versi 3.0 - 3.2)
8. Ice Cream Sandwich (Android versi 4.0)
9. Jelly Bean (Android versi 4.1 - 4.3)
10. KitKat (Android versi 4.4)
11. Lollipop (Android versi 5.0)
12. Marshmallow (Android versi 6.0)