Minggu, 01 November 2015

Cara Cek Zippo Asli, Ini Kriterianya

Menyebut merek korek api tak bisa dilepaskan dengan Zippo. Zippo adalah merek korek api legendaris dari Amerika yang dulunya merupakan salah satu perlengkapan tentara saat Perang Dunia 2 berkecamuk. Para tentara itu memakainya untuk menyalakan sumbu bom, memasak hingga penerangan saat gelap. Kini korek api Zippo bisa ditemukan dimana saja namun tidak untuk menyalakan bom namun sebagai pemantik rokok. Kepopuleran Zippo di pasaran selalu diikuti dengan beredarnya Zippo tiruan. Bagi awam, membedakan Zippo asli dari yang palsu memang cukup menyulitkan.

Pihak perusahaan Zippo Mfg. sendiri tak memberikan pedoman cara cek Zippo asli. Korek api Zippo pertama kali dipalsukan semenjak tahun 1941 di Amerika ketika Zippo Mfg. cuma mensuplai produk mereka ke militer Amerika yang tengah terlibat perang. Ketika itu permintaan pasar sangat besar sementara produknya langka di pasar, dengan begitu memancing sejumlah orang membuat produk tiruannya. Bagi mereka yang berkeinginan akan membeli produk Zippo, poin-poin cara cek Zippo asli bisa disimak sebagai berikut :

1. Bahan penutup luar dibuat dari kuningan meski warna finishing tak mesti kuning. Sementara yang tiruan biasanya diproduksi dari material kuningan alloy bermutu rendah. Hiasan grafir di bagian luar tetap awet meski sudah dipakai hingga bertahun-tahun, sementara yang palsu setelah penggunaan beberapa waktu lamanya biasanya akan timbul karat.
       
2. Finishing krom Zippo asli cukup mulus, sementara pada Zippo tiruan acapkali krom tak merata.
   
3. Mutu cetakan huruf di sisi bawah bodi Zippo sangat sempurna yang belum bisa disamai oleh Zippo tiruan kelas super.
       
4. Bahan Insert Zippo asli terbuat dari bahan baja pres yang kemudian dilakukan finishing krom. Sedangkan untuk Zippo tiruan, kilaunya agak buram.

5. Detil ornamen pada roda pemantik berupa pola dua garis timbul, sementara untuk pola gerigi roda pemantik Zippo asli nampak miring, sementara yang palsu polanya horisontal.

6. Penutup pada Zippo asli jika diamati dari samping nampak sedikit melengkung ke atas sementara untuk yang tiruan terlihat lurus.

7. Harga Zippo asli dijual dikisaran Rp.500 ribuan sementara yang tiruan yang banyak dipajang di mal atau toko dibanderol di kisaran Rp.100 ribuan saja.  Namun ada juga produk Zippo tiruan KW super yang juga dijual seharga Rp.500 ribuan.

8. Beli di tempat terpercaya, jangan membelinya di kios dengan dagangan aneka korek dan aksesoris lain, tanyakan pada teman yang pernah membeli. Sedangkan untuk pembelian secara online, pilih online store kenamaan yang bisa mempertanggungjawabkan barang-barang yang dijualnya.
   
9. Amati pada barcode di kemasan. Setiap model korek api Zippo mempunyai barcode-nya sendiri. Sementara untuk Zippo tiruan memiliki barcode yang sama semua meski model Zippo di dalamnya berbeda. Kode yang tertulis berupa tanggal, logo Zippo serta lokasi produksi di Amerika. Kode tertentu berbentuk titik atau garis miring yang berfungsi saat Zippo direparasi bila rusak. Tiap edisi korek api Zippo membawa kode bulan dan tahun produksi. Nama bulan berupa huruf A sampai L sedangkan tahun menggunakan huruf romawi. 
Cara Cek Zippo Asli, Ini Kriterianya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum