Info Cara Cek Ongkir TIKI lewat Internet

Makin tingginya tingkat kepercayaan masyarakat dalam melakukan pembelian online ikut meningkatkan jumlah toko online yang ada di Indonesia. Toko online mulai dari yang dikelola pribadi hingga yang berupa perusahaan dengan modal besar ikut menyemarakkan transaksi online ini. Hal lain yang juga ikut meningkat adalah layanan ekspedisi pengiriman barang. Sebuah toko online tak akan berjalan jika tak didukung oleh jasa penghantaran barang yang handal. Melalui layanan kurir ini maka barang jualan akan bisa sampai ke tangan pemesan tepat pada waktunya.

TIKI (Titipan Kilat) adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang sudah lama malang-melintang di industri ini. Sudah banyak pemilik mal online yang memanfaatkan perusahaan kurir yang satu ini sebagai andalan distribusi barang ke pembeli. Perusahaan yang sudah memberikan layanan semenjak tahun 70-an ini pun memiliki layanan online berupa website resmi yang bisa diakses di http://www.tiki-online.com/. Di website ini setiap pengunjung bisa mengetahui dengan jelas berbagai produk dan layanan TIKI, lokasi cabang, mengecek nomor resi (tracking) dan juga tarif.

Fitur cek tarif misalnya, dengan layanan online tersebut maka para calon konsumen yang hendak menggunakan TIKI bisa menghitung-hitung dulu berapa biaya atau ongkos kirim yang nantinya akan mereka bayarkan untuk paket yang akan dikirimkan. Cara cek ongkir TIKI lewat website TIKI sangat mudah dilakukan oleh pengunjung. Setelah halaman depan website TIKI online terbuka akan nampak beberapa menu utama yang salah satunya adalah Tariff. Dengan meng-klik menu itu maka pengunjung akan diberikan 2 pilihan yaitu : domestic dan international.

Klik pada menu domestic jika ingin mengecek berapa ongkos kirim untuk layanan pengiriman paket tujuan dalam negeri. Pada kolom Origin (From) isikan dengan kota asal tempat paket akan dikirimkan, kolom Destination (To) diisi dengan kota tujuan paket akan dikirimkan sementara untuk kolom Weight (Berat) isikan dengan berat paket dalam satuan kg. Akhiri dengan klik tombol Check untuk menampilkan tabel tarif beserta pilihan service yang tersedia untuk tujuan tersebut.

Cara cek ongkir TIKI untuk tujuan international tinggal klik pada submenu International di menu Tarif. Atau di sebelah kiri halaman pun tersedia kolom cek tarif International. Pada kolom Origin (From) diisi dengan negara Indonesia sementara untuk Destination (To) tinggal memilih negara tujuan paket. Untuk kolom Weight (Berat)#Kg diisi dengan berat dalam kg. Dengan mengklik tombol Check maka pengguna akan diberikan tabel tarif baik untuk kiriman berupa Document maupun berupa Parcel.