Langkah Mudah Cara Cek NISN Siswa

Lewat kecanggihan teknologi informasi sekarang tak cuma para operator sekolah saja yang kerap membuka internet, namun juga para guru dan tenaga pendidik lain dan malah para orang tua murid pun  tak ketinggalan. Khusus untuk para orang tua atau wali murid biasanya untuk mengecek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Cara cek NISN Siswa memang bisa dilakukan lewat internet dengan mudah dan cepat.


Perlu dijelaskan di sini bahwa NIS (Nomor Induk Siswa) berbeda dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). NIS (Nomor Induk Sekolah) merupakan nomor unik yang diberikan kepada tiap siswa yang dikeluarkan oleh tiap-tiap sekolah berbasis buku induk sekolah yang umumnya menurut nomor urut yang tercantum dalam buku pendaftaran saat pertama kali masuk ke sekolah itu. NIS yang dimiliki siswa akan berbeda menurut tingkat pendidikan yang dilaluinya mulai pendidikan dasar hingga menengah.

Sementara NISN adalah nomor unik yang tersusun dari 10 digit angka dimana 3 angka pertama adalah tahun kelahiran siswa misalnya NISN seorang siswa 0023314997 maka angka 002 menunjukkan bahwa siswa tersebut lahir tahun 2002. Tiap peserta didik yang terdaftar dalam data NISN diberikan kode pengenal unik yang bersifat baku dan bisa digunakan selamanya. NISN ini berbeda antara satu siswa dengan siswa yang lain di seluruh Indonesia. NISN bersifat tetap mulai dari SD hingga seterusnya.

Cara cek NISN siswa bisa dilakukan via online dengan langkah-langkah sebagai berikut :

- Pertama buka layanan online website Kementerian Pendidikan Nasional di alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data. Dari halaman yang terbuka pilih opsi Pencarian berdasarkan NISN dan kemudian ketikkan NISN yang dimiliki selanjutnya tekan “Cari”. Opsi lain adalah memilih Pencarian berdasarkan Nama dengan mengetikkan Nama Siswa, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir. Berikutnya tinggal tekan tombol “Cari”.

- Data peserta didik akan tertera secara lengkap mulai dari NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir dan seterusnya. Dan jika didapati data yang tak betul maka orang tua siswa bisa memberitahukannya ke pihak sekolah asal sehingga bisa memperbaiki data peserta didik itu.