Rabu, 11 November 2015

Prosedur Cara Cek Laporan Bos Online

Program BOS (Bantuan Operasional Sekolah) memiliki tujuan utama meringankan beban rakyat dalam hal biaya pendidikan sehingga tujuan wajib belajar 9 tahun bisa tercapai. Implementasi dari BOS ini adalah menggratiskan pungutan untuk semua siswa di tingkat SD negeri hingga SMP negeri dari biaya operasional sekolah. Ini dikecualikan untuk rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) serta sekolah bertaraf internasional (SBI). Dana BOS pun digunakan untuk mengkover semua pungutan berbentuk apa saja di sekolah negeri ataupun swasta yang dikenakan kepada siswa miskin serta membantu beban biaya operasional sekolah swasta.

Yang menjadi target program BOS yakni setiap sekolah SD, SMP, SMP Terbuka (SMPT) serta Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (TKBM) yang diadakan masyarakat meliputi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Sementara Program Kejar Paket A dan Paket B tak tercakup dari sasaran penerima dana BOS ini. Nominal dana BOS yang diperoleh sekolah yang didasarkan dari jumlah murid untuk tingkat SD sebesar Rp.580 ribu/siswa/tahun. Sedangkan untuk tingkat SMP sebesar Rp.710 ribu/siswa/tahun. Program BOS ini bersifat transparan dan bisa diawasi penggunaannya oleh siapa saja.

Kementerian Pendidikan Nasional pun telah membuka secara transparan menyangkut penyaluran dana BOS ke berbagai sekolah di Indonesia. Para Orang tua murid pun memiliki hak untuk tahu pemanfaatan dana BOS ini dengan menanyakannya ke sekolah bersangkutan. UU No.14 Tahun 2008 pun memastikan bahwa masyarakat memiliki hak memperoleh informasi dari pejabat publik tak terkecuali  penggunaan dana BOS ini. Dan pejabat publik harus menyediakan data yang dibutuhkan masyarakat. Bila melalaikan permohonan keterbukaan informasi tersebut maka mereka bisa diancam dengan pidana penjara.

Masyarakat bisa mengetahui alokasi penggunaan dana BOS tak hanya dengan menanyakan langsung ke pihak sekolah bersangkutan namun juga bisa mengeceknya lewat internet. Cara cek laporan BOS online bisa dilakukan pihak masyarakat dengan mengakses situs resmi Kemendikbud di alamat http://www.bos.kemdikbud.go.id yang akan menyajikan halaman tersendiri mengenai program BOS ini. Tahap berikutnya klik “Penggunaan Dana per Komponen” sehingga akan ditampilkan halaman Rekap Penggunaan Dana Nasional Tahun 2015.
   
Selanjutnya Filter dengan memilih Provinsi, Kabupaten, jenjang, status, sekolah dan tahun. Pilih sesuai sekolah yang dikehendaki. Sesudah seluruhnya dipilih selanjutnya klik download atau filter. Pilih tombol download jika ingin mengetahui laporan rekapitulasi penggunaan dana BOS oleh sekolah yang bersangkutan, sementara pilih tombol filter jika ingin mengetahui laporan sekolah yang dicek apakah sudah dimasukkan ke halaman web ini. Jika tidak ada maka artinya belum dilakukan input data laporan oleh sekolah bersangkutan.
Prosedur Cara Cek Laporan Bos Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum