Langsung ke konten utama

Cara Cek NISN Siswa SD SMP dan SMA

Layaknya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dimiliki setiap penduduk yang tertera di e-KTP, setiap siswa di Indonesia pun memiliki apa yang dinamakan NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional. NISN ini berfungsi sebagai identitas tunggal siswa secara nasional yang berbeda antara satu dengan yang lain. Program NISN dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah berlangsung beberapa waktu lamanya dan seluruh siswa di Indonesia pun sudah memilikinya.


Di setiap sekolah baik negeri maupun swasta mulai tingkat SD hingga SMA ada yang dinamakan dengan operator sekolah. Operator sekolah ini memiliki tugas menginput data siswa-siswa mereka ke pusat data di http://nisn.data.kemdiknas.go.id. Meski begitu dalam prosesnya mungkin saja ada data yang terlewat atau terjadi kekeliruan penulisan biodata. Untuk itu setiap siswa atau orang tua siswa sebaiknya tahu cara cek NISN Siswa SD SMP dan SMA.

Cara cek NISN siswa SD SMP dan SMA bisa ditempuh dengan layanan online yang diberikan oleh website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dengan alamat link http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Dari halaman ini pengunjung bisa memulai pencarian dengan memilih berdasarkan NISN yang dimiliki apakah memang sudah terdaftar di pusat data Kemendikbud, atau yang kedua yaitu pencarian berdasarkan  Nama siswa.

Pencarian berdasarkan NISN, silahkan mengetikkan NISN yang dimiliki pada kolom yang sudah disediakan. Selanjutnya klik pada tombol Cari. Sementara pencarian berdasarkan nama siswa, pengunjung harus memasukkan nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir. Kemudian klik tombol Cari. Bila hasil yang didapat ternyata tak ada sama sekali data yang tertampil itu artinya sekolah belum mendaftarkan siswa-siswa mereka. Langkah bagi mereka yang belum tercantum dalam data NISN Kemendikbud bisa menempuh cara berikut ini.

Terlebih dahulu siswa bersangkutan mendownload Formulir Peserta Didik (F-PD) dan formulir A.1 pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) baru di alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id menggunakan menu FORMULIR PENGAJUAN. Silahkan mencetak formulir itu dan lengkapi kolom-kolomnya secara manual. Bila sudah lengkap, silahkan menyerahkannya pada operator NISN/NPSN sekolah tempat siswa bersekolah. Selanjutnya pihak operator sekolah akan mengirimkan formulir A.1. tadi pada PDSP lewat email di alamat : pdsp@kemdiknas.go.id untuk diterbitkan NISN bagi siswa bersangkutan.

Sementara bagi siswa yang menemukan kekeliruan biodata saat cek NISN bisa melakukan langkah seperti berikut ini. Terlebih dulu download formulir A.3. Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa pada website resmi di alamat http://nisn.data.kemdiknas.go.id  di menu FORMULIR PENGAJUAN. Selanjutnya cetak formulir tadi dan isi dengan biodata yang benar secara manual. Formulir kemudian diserahkan ke operator sekolah yang selanjutnya pihak sekolah akan mengirimkan formulir yang telah dibetulkan tadi ke  PDSP via e-mail : pdsp@kemdiknas.go.id.


loading...
Theme Editor by Seo v6