Cara Cek OS BlackBerry dan Langkah Update ke Versi Lebih Baru

OS BlackBerry OS adalah sistem operasi mobile yang dibuat oleh Research In Motion (RIM) khusus untuk perangkat BlackBerry. OS BlackBerry berjalan pada ponsel varian Blackberry seperti BlackBerry Bold, Curve, Pearl dan seri Storm. OS BlackBerry dirancang untuk lingkungan smartphone dan terkenal karena fitur push email dan juga BBM (BlackBerry Messenger). Fitur push email sendiri ditunjang melalui dedicated BlackBerry Enterprise Server (BES). Bila Sistem operasi mobile lain seperti Android, Microsoft Windows Mobile dan Symbian dapat berjalan di berbagai merek ponsel namun khusus untuk OS BlackBerry hanya dapat dijalankan pada ponsel BlackBerry. OS BlackBerry mirip dengan iOS Apple dalam hal ini.


Secara tradisional OS BlackBerry dibuat menggunakan Java, khususnya platform Java Micro Edition (Java ME). Namun RIM memperkenalkan platform pengembangan Web BlackBerry pada tahun 2010 dengan menggunakan Software Development Kit (SDK) untuk membuat aplikasi kecil mandiri berbasis web yang terdiri dari HTML, CSS dan kode JavaScript. Sebagai pengguna perangkat BB anda tentu harus tahu versi OS BlackBerry yang digunakan. Hal ini berguna ketika anda akan melakukan update ke versi lebih baru atau akan menginstal suatu aplikasi ke dalam perangkat.

Cara cek OS Blackberry bisa anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

- Buka menu pada BlackBerry dan pilih menu Options atau adakalanya menu Settings.

- Pilih "About" dari daftar menu yang tertampil.

- Versi Device Software akan menjadi set pertama angka pada baris ketiga. Misalnya yang ditampilkan adalah v4.5.0.37, yang berarti perangkat ini berjalan pada versi 4.5.

Setelah mengetahui versi OS Blackberry yang digunakan, anda bisa melakukan update ke versi yang lebih baru. Cara update OS BlackBerry bisa dilakukan dengan tiga cara berikut : melalui layanan web, menggunakan BlackBerry® Desktop Software dan lewat Over the Air (OTA). Untuk cara update OS BlackBerry yang pertama lewat web, silahkan membuka link http://us.blackberry.com/software/smartphones/update-new/smartphone.html dan klik pada tombol Check for Updates. Kemudian download plugin ApploaderWeb dan klik Run untuk menginstal-nya ke komputer. Buka aplikasi loader tadi dan hubungkan perangkat BB ke komputer. Klik OK untuk memulai proses update.

Anda dapat menggunakan BlackBerry® Desktop Software untuk mencari dan menginstal pembaruan pada smartphone Anda. Untuk memulai, cukup hubungkan smartphone ke komputer Anda dan buka BlackBerry Desktop Software, kemudian klik Update. Untuk mendownload BlackBerry Desktop Software bisa didapatkan di http://us.blackberry.com/software/desktop.html?IID=us:bb:software:devices:oftware-update:download-desktop-software.
Anda pun dapat memperbarui smartphone BlackBerry Anda lewat OTA (over-the-air) tanpa terhubung ke komputer. Untuk memulai, pilih ikon Options dari layar Home. Pilih Device, kemudian Update Software dan ikuti instruksi yang diberikan.