Cara Cek Saldo Bank BNI via SMS

Bank BNI adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia dimana sekitar 60 % sahamnya dimiliki oleh pemerintah. Sebagai bank dengan jumlah asset terbesar ke-4 di tanah air, masyarakat tentu tak perlu ragu lagi jika ingin menyimpan dana mereka di sana. Jumlah karyawannya sendiri mencapai sekitar 25 ribu orang dengan sekitar 1500 an outlet yang buka di seluruh wilayah Indonesia. Bank BNI datang untuk membuat urusan perbankan menjadi mudah dan menyenangkan. Seperti fitur SMS banking yang ditawarkannya kepada seluruh nasabah.

Kini nasabah bank BNI tak perlu repot lagi harus pergi ke cabang bank BNI cuma untuk mengecek saldo dari rekening yang dimilikinya. Cara cek saldo bank BNI sekarang bisa dilakukan cukup dengan mengirimkan SMS lewat ponsel. Atau menggunakan aplikasi BNI SMS Banking Menu bila nasabah menggunakan smartphone. Namun nasabah harus mengaktifkan dulu layanan ini yang bisa dilakukan lewat ATM atau datang ke cabang bank BNI untuk mengurusnya.

Proses pendaftaran SMS banking BNI jika dilakukan di ATM adalah dengan memilih menu 'Registrasi e-Channel'. Dilanjutkan memilih menu 'BNI SMS Banking'. Setelah langkah ini nasabah diminta menginputkan nomor ponsel yang akan digunakan serta diwajibkan juga membuat sendiri PIN BNI SMS Banking berupa 6 digit angka unik. Pastikan setelah proses ini nasabah memperoleh SMS notifikasi ke nomor ponsel yang didaftarkan tadi dari nomor 3346. SMS notifikasi berisi pemberitahuan keberhasilan pendaftaran SMS banking.

Sampai di sini sebenarnya nasabah sudah bisa melakukan pengecekan saldo rekening mereka lewat SMS. Cara cek saldo bank BNI lewat SMS cukup dengan mengetikkan syntax : SAL lalu kirimkan ke 3346. Sementara jika ingin mengetahui riwayat mutasi rekening nasabah bisa mengetikkan : HST dan kirim ke 3346. Untuk biaya pengiriman SMS mengikuti biaya yang dikenakan operator dari kartu seluler yang digunakan. Sedangkan biaya menerima SMS balasan dikenakan biaya Rp.550/SMS.

Cara cek saldo bank BNI lainnya yaitu bagi mereka yang menggunakan smartphone baik itu Android, BB, iPhone atau Windows Phone. Aplikasi yang dinamakan BNI SMS Banking Menu ini bisa diunduh di masing-masing toko aplikasi OS yang digunakan. Misalnya untuk pemilik smartphone Android bisa mengunduhnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.arkalogic.bni.activity&hl=in. Setelah terpasang ke smartphone, nasabah tinggal membuka aplikasi. Pilih menu Inquiry lalu pilih opsi Saldo jika ingin mengecek saldo rekening. Pilih opsi Mutasi Rekening jika ingin mengetahui riwayat rekening untuk rentang waktu tertentu.