Rabu, 17 Agustus 2016

Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta Jamsostek

Salah satu benefit dari kepesertaan para pekerja di dalam BPJS Ketenagakerjaan adalah adanya dana Jaminan Hari Tua (JHT). Premi JHT besarnya adalah 3,7 % dari gaji yang ditanggung bersama oleh pekerja dan perusahaan. Saldo JHT yang diperoleh ini bisa diambil setelah pekerja pensiun, di-PHK, telah bekerja selama 10 tahun, meninggal atau cacat tetap. Proses pencairan selain bisa dilakukan di kantor BPJS Ketenagakerjaan juga bisa ditempuh dengan layanan online yang disediakan oleh website BPJS Ketenagakerjaan.


Para peserta pun bisa mengetahui setiap saat berapa saldo JHT yang sudah dikumpulkannya itu. Cara cek saldo Jamsostek untuk peserta Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan dengan 3 pilihan berikut ini :

1. Memakai aplikasi BPJS TK Mobile di smartphone
Aplikasi sebelumnya bisa didownload sesuai dengan platform smartphone yang digunakan apakah itu Android, BB atau iOS. Misalnya untuk ponsel Android bisa diunduh di Google Play Store dengan alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mitracomm.jamsostek&hl=in. Setelah aplikasi terpasang, pengguna tinggal membukanya untuk melakukan pendaftaran. Pengguna tinggal menyiapkan nomor identitas KTP dan nomor kartu Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Ikuti petunjuk yang diberikan hingga selesai dan kemudian pengguna akan diberikan PIN yang dikirim ke email yang didaftarkan. Masukkan PIN pada kolom yang tersedia dan aplikasi sudah siap digunakan untuk cek saldo Jaminan Hari Tua atau saldo Jamsostek. Selain saldo JHT, dalam aplikasi ini pun akan mencantumkan nama perusahaan tempat peserta bekerja dan juga besarnya gaji pokok yang diterima setiap bulan. Di samping dapat mengecek saldo, peserta pun bisa mengetahui jaringan BPJS dan program-program yang ada.

2. Memanfaatkan layanan situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id
Temukan menu e-service yang disiapkan untuk mengecek saldo JHT, rincian saldo JHT Tahunan dan prosedur melakukan klaim JHT secara online. Sebelumnya peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan klik pada tombol Registrasi.

3. Mengirimkan SMS
Sementara hanya bisa digunakan bagi peserta yang memakai kartu Indosat dan Telkomsel. Cara cek saldo Jamsostek untuk peserta Jamsostek ini pertama adalah melakukan pendaftaran dengan mengetikkan SMS dengan format : Daftar Saldo#NoKTP#Nama#tgllahir(dd-mm-yyyy)#nokartu#email (kalau memang ada) dan selanjutnya dikirimkan ke nomor 2757. Kalau pendaftaran sukses maka selanjutnya ketikkan SMS dengan format : Saldo(spasi) No.kartu kemudian dikirimkan ke nomor 2757.

Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta Jamsostek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum