Mengetahui Cara Cek OS BlackBerry

Salah satu hal paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih sebuah smartphone adalah jenis Operating System (OS) yang digunakan. OS akan menentukan tampilan dan navigasi serta kemampuannya sebagai sebuah smartphone. Sistem operasi biasanya sudah terinstal di ponsel dengan fungsi utama memproses informasi yang diinstruksikan. Salah satu OS smartphone yang sangat populer di dunia adalah Blackberry.


Kendati kini popularitasnya mulai tergerus oleh kedatangan sistem operasi Android namun masih banyak orang-orang yang setia dengan perangkat ber-OS ini terlebih penggunaannya untuk keperluan bisnis. Poin utama keunggulan OS Blackberry adalah fitur Push email dengan melakukan sinkronisasi dan menggunakan Microsoft Exchange Server (digunakan oleh sebagian besar pelaku bisnis sebagai layanan email utama mereka). Ketika Anda mengirim email ke handset Blackberry, tidak peduli apakah penerima tersebut berdiri tepat di sebelah Anda atau di belahan dunia lain, email akan segera diterima dengan instan. Kedua adalah layanan chatting menggunakan BBM yang dikenal memiliki tingkat keamanan tinggi.

Mengetahui versi OS dari smartphone yang anda gunakan ternyata sangat penting daripada yang Anda kira. Update OS terbaru dirilis selalu dirilis dan jika Anda ingin perangkat BlackBerry Anda selalu up to date maka anda perlu tahu cara cek OS Blackberry yang terinstal. Ada dua cara untuk mengecek OS Blackberry yang bisa digunakan yaitu :

1. Untuk versi Blackberry apa saja, ketikkan "myver" tanpa tanda kutip dan kemudian diikuti menekan tombol spacebar. Anda akan melihat teks yang menunjukkan model BlackBerry dan juga versi OS yang digunakan misalnya : 9850 / 7.1.0.580 ( B1737 )

2. Dari perangkat BB Anda pilih menu Options pada home screen (menu ini dapat terletak di dalam folder "Setting" tergantung pada tipe Blackberry ) kemudian tap pada "Device" dan kemudian "About". Versi OS BlackBerry Anda biasanya berada di baris ketiga dan diawali dengan huruf " v " . Contoh : v6.0.0.141 . Cara cek OS Blackberry ini adalah untuk perangkat BB OS 6 dan 7. Anda pun dapat menemukan versi perangkat lunak dengan mengakses Options (terdapat di dalam menu Settings ) dan kemudian tapping pada "About".

OS Blackberry memang didesain dengan tingkat keamanan tertinggi dan merupakan yang terbaik di dunia. Oleh karena itu handset ini sangat cocok bila digunakan oleh para pelaku bisnis untuk menunjang aktifitas keseharian mereka. Untuk masuk ke Blackberry dibutuhkan Blackberry ID yang berupa alamat email dan password yang hanya diketahui oleh pemilik. Jangan ragu lagi untuk memilih Blackberry sebagai penunjang urusan bisnis anda.