Langsung ke konten utama

Prosedur Cara Cek Resi TIKI (Citra Van Titipan Kilat)

Menyebut layanan kurir di Indonesia tak lengkap tanpa menyertakan TIKI. TIKI atau lengkapnya PT. Citra Van Titipan Kilat adalah perusahaan ekspedisi pengiriman barang dan dokumen terkemuka di tanah air. Perusahaan yang didirikan oleh H. Soeprapto ini mulai dibuka tahun 1970 sampai hari ini sudah memiliki sekitar 500 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Tren belanja online yang makin meningkat di tanah air membuat perkembangan TIKI makin melesat. Tak sedikit para pebisnis online yang mempercayakan pengiriman produk mereka kepada TIKI.


Layanan TIKI saat ini sudah cukup lengkap disesuaikan dengan kebutuhan, urgensi dan tarif. Layanan satu hari sampai (SDS, Same Day Service) bisa digunakan konsumen yang menginginkan kecepatan sampainya barang ke tangan pembeli dalam hari yang sama. Selanjutnya adalah layanan Over Night Service (ONS) dimana barang yang dikirimkan hari ini dijamin akan sampai ke tangan penerima esok harinya. Sementara mereka yang menginginkan tarif murah bisa memilih layanan Reguler (REG) atau Economy (ECO) dengan waktu sampai sekitar 7 hari.

Dan tak berhenti pada berbagai layanan yang diberikan, TIKI pun menawarkan kemudahan lain dalam hal cek barang yang sudah dikirimkan oleh konsumen. Jadi setiap konsumen yang menggunakan layanan pengiriman barang dari TIKI pasti akan memperoleh nomor Connote atau nomor resi. Berbekal nomor Connote TIKI ini konsumen bisa melakukan tracking atas barang yang dikirimkannya atau barang yang akan diterimanya. Cara cek resi TIKI  dilakukan dengan mengakses halaman website resmi TIKI dengan link http://www.tiki-online.com/?cat=Home.

Terlihat pada halaman Home di sebelah kiri terdapat kolom CEK STATUS KIRIMAN Single Tracking. Di sini konsumen tinggal mengetikkan nomor resi (nomor Connote) di kolom yang tersedia. Langkah berikutnya cukup klik pada tombol Check. Atau bisa juga konsumen memilih menu Tracking di bagian atas halaman. Di sini konsumen bisa memilih untuk mengecek single tracking (hanya 1 nomor resi) atau multi tracking (mengecek lebih dari 1 nomor resi dalam sekali cek).

Konsumen akan disajikan hasil pelacakan berupa data-data seperti berikut ini :

- Origin, artinya lokasi asal pengiriman barang misalnya Bandung
- Destination, yaitu kota tujuan misalnya Jakarta
- Shipment History, artinya riwayat pengiriman yang menampilkan sejumlah tahapan yang dilalui paket bersangkutan. Misalnya : "Shipment Data Entry" itu artinya data pengiriman paket sudah di-input-kan ke database, "Arrived at Destination" itu maksudnya paket sudah sampai di kota tujuan, "Failed" artinya paket gagal dikirimkan karena beberapa sebab diantaranya alamat penerima kurang lengkap atau rumah dalam keadaan kosong, "Succeed" artinya paket sudah tiba di alamat penerima dan "Received By" yaitu nama penerima paket.



loading...
Theme Editor by Seo v6