Cara Cek Dead Pixel, Ini 3 Pilihannya

Istilah dead pixel yakni keadaan dimana satu atau lebih pixel yang menyusun warna di layar smartphone mati sehingga tak bisa berfungsi dengan semestinya. Ada kalanya dead pixel memunculkan warna lebih gelap, lebih cerah atau justru memunculkan warna berbeda sama sekali dari  yang semestinya. Dead pixel dapat diakibatkan perangkat yang pernah mengalami benturan karean jatuh, terguncang keras atau terpercik air di bagian layar. Saat akan membeli smartphone apakah itu baru apalagi bekas, seseorang semestinya mengecek bagian yang satu ini dulu.


Cara cek dead pixel layar smartphone yang hendak dibeli bisa dilakukan dengan salah satu dari 3 pilihan berikut ini :

- Cara cek memanfaatkan kode rahasia
Kode rahasia atau secret code pada smartphone salah satunya berfungsi mengecek kondisi layar yang dibawanya. Misal cara cek dead pixel smartphone Samsung bisa menggunakan menu rahasia *#0* #. Sedangkan untuk smartphone merek Sony kode rahasia yang digunakan adalah *#*#7378423#*#*. Untuk merek HTC biasa digunakan *#*3424#*#.

- Cara cek memanfaatkan kamera
Ternyata fitur kamera yang dibawa smartphone pun bisa mengecek kondisi dead pixel layar. Caranya dengan mengambil gambar di keadaan gelap seluruhnya. Hasil foto tadi bisa dicek apakah layar smartphone mempunyai dead pixel atau tidak. Bila hasilnya menampilkan bintik cerah pada layar smartphone, itu artinya layar sudah memiliki dead pixel.

- Cara cek memanfaatkan aplikasi dead pixel
Cara lainnya lagi untuk memastikan ada tidaknya dead pixel pada layar smartphone yakni memakai aplikasi pemindai dead pixel yang banyak tersedia gratis di toko aplikasi eperti di Google Play Store. Selanjutnya aplikasi tersebut dengan otomatis akan mengecek layar smartphone dan menyajikan data berapa jumlah dead pixel yang ditemukan pada layar smartphone. Salah satu yang bisa digunakan untuk smartphone Android adalah aplikasi Display Tester. Dengan aplikasi ini akan bisa dicek kondisi layar LCD pada perangkat Android yang meliputi cek dead pixel, cek touch screen dead spot, cek screen bleeding, cek viewing angle, cek jumlah sentuhan di layar  dan sebagainya di samping itu aplikasi ini pun bisa memperbaiki pixel yang cuma bisa memunculkan warna tertentu misalnya. Memakai aplikasi ini maka bisa dipastikan layar smartphone Android masih dalam kondisi normal atau tidak.

Pemeriksaan dead pixel memang semestinya dijalankan ketika Anda akan membeli gadget baru ataupun bekas. Yang pasti Anda tentu tak mau bila nantinya perangkat yang belum lama dibeli kenyataannya mempunyai dead pixel pada layar. Dead pixel memang tidak membahayakan smartphone secara sistem, hanya saja sangat mengganggu pandangan mata dan membuat tak nyaman. Dead pixel di layar smartphone dengan berjalannya waktu pun bisa bertambah banyak.