Cara Cek Garansi BlackBerry

Kecuali lewat saluran resmi, handset BlackBerry yang dijual di pasar gelap (BM) terhitung banyak. Daya tarik harga yang lebih murah adalah salah satu sebab kenapa banyak konsumen yang kepincut. Banyak para penjual yang bisa meyakinkan pembeli lewat adanya garansi distributor ditambah adanya sticker di dus kemasan sehingga calon pembeli kian tergoda untuk segera membayarnya. Namun hati-hati sebab garansi BlackBerry yang resmi cuma tiga macam saja di Indonesia.


Perangkat BB cuma mempunyai 3 distributor resmi di tanah air yaitu Comtech,  TAM dan Selular Shop. Selain ketiganya maka bisa dipastikan BlackBerry tersebut tak memiliki garansi resmi. Ketika membeli perangkat BB tidak dari rekanan distributor sesungguhnya pembeli lah yang rugi. Di samping ditolak oleh service centre resmi, kondisi unit BlackBerry pun tak ada jaminan kualitasnya. Misalnya saja baterai, bisa saja sudah diganti, atau malah unit merupakan BlackBerry rekondisi. Umumnya ketiga distributor resmi tersebut pun diajak bekerjasama dengan provider seluler yang hendak menjual perangkat BlackBerry yang di-bundling dengan  paket data.

Garansi untuk BlackBerry resmi biasanya selama dua tahun. Saat pembelian unit baru biasanya diberikan kartu garansi. Cara cek garansi BlackBerry bagi mereka yang masih ragu bisa mendatangi BlackBerry Authorized Customer Care Center dari ketiga distributor di atas. Bila masih dalam masa garansi dan kebetulan handset BB anda rusak maka boleh jadi anda akan mendapatkan penggantian unit baru (swap). Beberapa BlackBerry Authorized Customer Care Center yang bisa dikunjungi sesuai dengan distributornya adalah sebagai berikut :

1. Comtech Jakarta - Oke Shop
Mal Taman Anggrek Lt. 3 No. 370 Jl.Letjen S Parman Kav 21 Grogol Jakarta

2. Comtech Jakarta - Oke Shop
Pacific Place lt.3 3-27 Pacific Place Mall, Lt.3 Unit 3 � 27; Jl.Jend.Sudirman Kav.52-53 Jakarta 12190

3. Comtech Jakarta - Oke Shop
Pondok Indah Mall 2 Lt 3, Jl Metro Pondok Indah Blok III B Pondok Indah Jakarta

4. Comtech Jakarta - PDA.COM
Ambasador Mall Lt G unit 40-41, Jl Prof Dr Satrio Kuningan Jakarta

5. Comtech Jakarta - Oke Shop
Jl. Sudirman 1 plaza Indonesia Lt4 E25 Jakarta

6. Comtech Jakarta - Global Teleshop
Mall Kelapa Gading 2 Lantai Dasar G130 Jl. Boulevard Raya Blok M Kelapa Gading Jakarta

7. Comtech Bandung - Oke Shop
Bandung Supermall lt GF #A/077-079, Jl.Gatot Subroto No 289 Bandung

8. Comtech Bandung
Jl. Abdurahman Saleh No 9 blok 18 City Square Bandung

9. Comtech Semarang - Oke Shop
Jl.Ahmad Dahlan no 7 Semarang

10. Comtech Surabaya - Global TeleShop
Jl. Gubeng Raya No.35, Surabaya 60281

11. Comtech Makassar - Oke Shop
Mal Panakukang lt dasar Blok C1 no 2, Jl.Boulevard Komplek Panakukang Mas Makassar

12. Comtech Jogjakarta - Trikomsel Service Center
Jl. Mangkubumi, jadi satu dengan Service Center Nokia

Garansi handset BlackBerry biasanya untuk panel LCD, keypad, trackpad dan speaker yang bermasalah bukan karena kelalaian dalam penggunaan. Garansi tak berlaku untuk baterai, charger, car kit dan aksesoris lain.