Cara Cek Mac Address Laptop Sendiri Dengan Mudah

Mac Address (Media Access Control Address) bisa diartikan alamat fisik suatu jaringan contohnya ethernet card pada komputer/laptop atau port sebuah jaringan. Mac Address berperan sebagai penunjuk identitas perangkat itu. Mac Address lazimnya disematkan di memori ROM oleh layanan Network Interface Card (NIC) di perangkat jaringan. Mac Address adalah deretan 48 bit yang tersusun dari 6 kelompok digit dimana tiap kelompok terdiri dari dua digit angka heksadesimal. Mac Address pun memiliki nama lain seperti physical address, ethernet address atau juga hardware address.


Mac Address memiliki fungsi utama menghubungkan antar perangkat agar bisa saling berkomunikasi. Pada suatu jaringan Mac Address ini bersifat unik artinya tak boleh sama dengan komputer lain sehingga tak terjadi konflik ketika berkomunikasi satu sama lain. Tiap laptop atau PC atau jenis perangkat lain memiliki Mac Address sendiri-sendiri. Tujuannya jelas supaya perangkat-perangkat tadi tak terjadi konflik ketika melakukan komunikasi saat berada di jaringan.

Di tiap header frame ethernet biasanya memperlihatkan data Mac Address komputer/laptop yang hendak berhubungan dengan komputer lain. Perangkat ethernet akan mengenali informasi Mac Address komputer yang selanjutnya dikirimkan ke komputer tujuan di dalam jaringan yang sama. Cara cek Mac Address harus diketahui oleh seseorang yang ingin melakukan setting jaringan. Misalnya bila ingin memfilter jaringan WiFi pada alamat Mac Address tertentu saja yang bisa terhubung ke jaringan tersebut. Sehingga orang harus paham cara cek Mac Address komputer yang akan dimasukkan ke dalam jaringan.

Pengecekan Mac Address sebuah laptop/PC bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini. Cara cek Mac Address berikut adalah khusus untuk komputer berbasis Windows Microsoft :

- Pertama tekan tombol logo Windows + R secara bersamaan sehingga keluar jendela Run.
- Selanjutnya ketikkan CMD dan tekan tombol Enter maka jendela Command Prompt akan terbuka.
- Ketikkan perintah ipconfig/all yang diikuti menekan tombol Enter.
- Dari detil keterangan yang tersaji temukan kata Physical Address yang terdapat tepat di bawah kata Wireless LAN adapter Network Connection.
- Mac Address Wireless Adapter adalah 12 digit sebagai gabungan angka dan huruf yang dipisahkan dengan tanda hubung (-) misalnya 06-21-27-E7-0C-6B.

Setiap laptop/komputer bisa terdeteksi memiliki lebih dari satu Mac Address misalnya :  00-22-68-5D-E9-1D untuk Mac Address LAN Card, 00-22-5F-7D-8A-65 untuk Mac Address Wireless dan 10-11-11-11-11-11 untuk Mac Address Bluetooth. Anda harus bisa membedakan ketiganya sehingga tak salah memasukkan angkanya ke dalam konfigurasi jaringan.