Cara Cek BlackBerry ID dan Mengapa Fungsinya Begitu Penting

Setiap pengguna layanan BlackBerry pasti memiliki apa yang dinamakan dengan BlackBerry ID. Dengan BlackBerry ID maka pengguna akan bisa mengakses setiap layanan yang disediakan BlackBerry seperti akses ke website BlackBerry, aplikasi serta berbagai layanan BlackBerry. Blackberry ID ini pun akan membantu sinkronisasi data ke komputer sekaligus juga memindahkan data tadi ketika pengguna berganti perangkat. Cukup satu BlackBerry ID dan pengguna sudah bisa mengakses semua perangkat BlackBerry yang digunakan.

Sebelum menggunakan handset Blackberry pastikan anda memiliki Blackberry ID ini. Cara cek BlackBerry ID bisa dilakukan sesuai dengan tipe OS BlackBerry yng digunakan :

- Untuk perangkat BB menggunakan OS 7 bisa dilakukan dengan membuka menu Options > Device > BlackBerry ID. Cek apakah sudah tertera di sana berupa user ID atau email.

- Untuk perangkat BB menggunakan OS 6 bisa dilakukan dengan membuka menu Options > Third Party Applications > BlackBerry ID. Sama seperti sebelumnya, cek apakah sudah ada atau belum.

- Untuk perangkat BB menggunakan software v5 silahkan dibuka menu Options > BlackBerry ID dan pastikan ada User ID atau email di sana.

- Untuk perangkat tablet BlackBerry PlayBook, bisa dibuka menu Settings > About atau pada menu Settings > BlackBerry ID.

Secara detil fungsi dari BlackBerry ID adalah sebagai berikut ini :

- Akses ke toko aplikasi BlackBerry World. BlackBerry ID dapat membantu mengelola aplikasi dan item lainnya yang diunduh dari BlackBerry App World. Jika pengguna beralih perangkat BlackBerry maka mereka bisa menginstal ulang aplikasi yang diunduh di perangkat sebelumnya dari BlackBerry App World, bila versi aplikasi itu sudah ada untuk perangkat yang baru.
- Sign in ke layanan BlackBerry Messenger (BBM)
- Mengakses BlackBerry Protect untuk melakukan komunikasi secara real-time dan berbagi foto ataupun video.
- Mengakses aplikasi BlackBerry Link yang diinstal di komputer untuk menemukan atau menghapus data di perangkat BB yang hilang.
- Mengakses aplikasi Print To Go untuk sinkronisasi dan mengorganisir konten antar device BlackBerry 10 dengan komputer.
- Mengakses Documents To Go untuk mengirim cetakan digital secara nirkabel dan aman ke tablet BlackBerry PlayBook.
- Melihat dan mengedit file Microsoft Word, Excel dan PowerPoint di smartphone.
- Mensinkronisasi media dan dokumen antar-perangkat atau dengan komputer yang tercakup dalam jaringan Wi-Fi yang sama atau lewat koneksi USB. Ketika sign in ke BlackBerry Link menggunakan BlackBerry ID maka semua perangkat BlackBerry 10 yang memakai BlackBerry ID yang sama akan terdeteksi sehingga konten bisa disinkronkan dan dikelola.
- Jika pengguna menggunakan versi BBM 7.0 atau yang lebih baru dan berpindah perangkat maka kontak BBM, profil, dan keanggotaan grup secara otomatis ditambahkan ke perangkat baru saat pengguna sign-in memakai BlackBerry ID.