Macam Layanan dan Cara Cek Resi Elteha

Siapa sangka jika cikal bakal perusahaan pengiriman barang Elteha (LTH) adalah dari jasa transportasi PO bis malam yang bermula dari Semarang. Di tahun 1964 Elteha adalah pelopor dari jasa tranportasi bis malam dengan rute Semarang Jakarta. Ketika itu sambil membawa penumpang, bis pun membawa beberapa paket kiriman sebagai bisnis sampingan Elteha. Dengan berjalannya waktu ternyata bisnis sampingannya yang malah makin membesar dan mengalahkan bisnis pengangkutan penumpang.


Mungkin masih banyak yang belum tahu apa kepanjangan dari Elteha (LTH) ini. Menurut pendirinya Phillipus Hendrata Herkata (Liem Tjong Hien), Elteha adalah singkatan dari Long Travelling in Few Hours yang bila diartikan adalah transportasi jarak jauh yang bisa dicapai dengan waktu yang cepat. Kini Elteha hanya berfokus mengembangkan bisnis kurir baik dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan Elteha telah memiliki beberapa usaha kurir di luar negeri seperti di Los Angeles Amerika, Hongkong, Singapura, New York, Washington, San Francisco, Kuala Lumpur, Bangkok dan Belanda.

Untuk jasa penghantaran dalam negeri Elteha telah mampu menjangkau hingga 250 kota di seluruh Indonesia dengan dukungan 500 unit kendaraan. Elteha di samping menyediakan layanan pengantaran barang ke luar negeri juga melayani jasa kurir dalam negeri. Jenis layanan delivery Elteha untuk dalam negeri meliputi :

1. Same Day Delivery (SDD)
Adalah layanan kurir paket yang akan dikirimkan di hari yang sama dengan order dari konsumen. Layanan ini hanya tersedia di beberapa kota dan tujuan tertentu.

2. Next Flight Out (NFO)
Yakni layanan pengiriman barang atau dokumen yang akan dikirimkan lewat transportasi udara keesokan hari dan dikirimkan begitu sampai.

3. Overnight Delivery (OD)
Merupakan layanan pengiriman barang atau dokumen yang akan dikirimkan di hari berikutnya.

4. Regular Delivery (Normal Service)
Yaitu jasa pengiriman barang dan dokumen dengan jadwal regular menggunakan transportasi udara, truk ataupun kapal. Lama tidaknya paket sampai tergantung dari alamat tujuan.

5. City Courier
Menyediakan layanan pengiriman dalam kota Jakarta untuk paket seperti dokumen tagihan, rekening, brosur, proposal, undangan, paket hadiah, dll. Pengiriman akan selesai dalam satu hari atau lebih tergantung pada layanan yang dipilih oleh pelanggan.

Cara cek resi Elteha bisa dilakukan konsumen dengan memanfaatkan layanan online di http://www.lthindo.com/. Dari laman yang terbuka ada kolom View POD, nah pada kolom ini konsumen bisa memasukkan nomor resi atau WayBill Numbers. Kemudian tinggal klik tombol GO dan detil mengenai status paket akan disajikan dengan lengkap.