2 Cara Cek Backlink Cepat dan Mudah

Saat ini blogging menjadi pilihan lain beraktifitas online selain bersosialisasi di jejaring sosial. Anda pun mungkin adalah salah seorang dari ribuan Blogger yang aktif di internet. Saat mengelola blog, anda pasti paham dengan yang namanya backlink. Backlink sangat penting bagi keberlangsungan dan kepopuleran blog yang kita kelola. Berkat penggunaan backlink yang tepat maka mudah bagi blog kita berada di halaman pertama pencarian Google menggunakan kata kunci (keyword yang kita bidik). Secara harfiah backlink adalah interaksi timbal-balik dari beberapa website berupa alamat url (alamat blog). Kegunaan terpenting dari backlink yakni agar blog yang kita kelola menjadi populer di mata Google dan dengan begitu akan makin meningkatkan tingkat kunjungan atau traffic ke blog kita.

Sejumlah langkah dapat ditempuh dalam upaya mendapatkan backlink ini termasuk setiap kali kita memposting artikel atau komentar, jangan lupa mengikutkan alamat url blog kita. Cara lainnya lagi seperti aktif di forum-forum online dengan menambahkan url blog kita di bagian signature. Lainnya lagi bisa dengan saling tukar link dengan blog lain. Dalam mencari backlink tentu bukan sembarang backlink namun yang berkualitas. Kriteria backlink berkualitas yakni backlink yang hanya one way backlink yaitu cuma mengarah ke blog dan itu bersumber dari authority website. Authority website  dicirikan diantaranya dengan page rank yang tinggi dan menggunakan ekstensi .org atau .edu. Satu saja backlink dari authority website akan lebih diperhitungkan search engine dibanding backlink berjumlah ratusan akan tetapi berasal dari website asal-asalan.

Agar blog kita memperoleh sumber backlink bermutu yang berasal dari situs-situs populer, anda bisa mulai mencari website dengan domain ekstensi .Edu dan .Gov. Setelah itu anda bisa mulai meninggalkan komentar di sana tentu dengan meninggalkan alamat url dari blog kita. Selanjutnya anda bisa share beberapa artikel ke situs jejaring sosial kendati kebanyakan adalah nofollow. Backlink dari website media sosial seperti Google+ masih cukup ampuh sebagai sumber backlink berkualitas. Selain itu blog anda pun akan memperoleh limpahan traffic dari website media sosial tersebut.

Sesudah beberapa waktu lamanya menyebar backlink blog kita maka penting untuk mengeceknya. Dua cara cek backlink berikut ini umum digunakan oleh kalangan blogger yaitu :

- Cek di Google Webmaster Tool
Daftarkan dulu blog anda di Google Webmaster Tools yaitu di http://www.google.com/webmasters/. Berikutnya klik tombol Sign In To Webmaster Tools. Anda boleh log-in menggunakan akun Gmail Anda. Klik url blog anda dan kemudian pilih 'Lalu Lintas Penelusuran'. Berikutnya klik 'Tautan ke Situs Anda'. Data total backlink yang menuju ke blog anda akan tertampil dengan detil.

- Cek di ahrefs.com
Cara cek backlink yang kedua ini cukup mudah. Namun buat dulu akun di sana dengan link https://ahrefs.com/index.php. Selanjutnya login dan isikan url blog anda. Berikutnya klik 'Try It For Free'. Data backlink blog anda akan ditampilkan.