Tata Cara Cek In di Hotel Untuk Yang Baru Pertama Kali

Prosedur menginap di hotel bagi sebagian orang mungkin saja membingungkan. Memang hotel memiliki standar baku dalam menservis tamu. Semakin berkelas sebuah hotel (ditunjukkan dengan bintang yang disandangnya) tentunya layanan dan servis yang diberikan makin bagus dan bermacam-macam. Hotel terutama yang menyandang status bintang adalah tempat menginap paling nyaman yang menyediakan berbagai layanan dan fasilitas menarik. Akan tetapi selalu saja ada hal pertama yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Daripada anda menderita malu karena belum mengerti prosedurnya, pastikan anda membaca cara cek in di hotel berikut ini saat akan menginap di hotel untuk pertama kali.


Anda harus membuat reservasi lebih dulu bisa via online ataupun dengan menelepon. Kebanyakan hotel berbintang akan bekerjasama dengan agen travel wisata. Untuk itu sebaiknya Anda membuat reservasi lewat agen ini sebab seringnya mereka menawarkan diskon atau tarif lebih murah ketimbang reservasi sendiri. Bila reservasi kamar telah dibuat jauh hari, pastikan mengkonfirmasi lagi ke pihak hotel yang memberitahukan bahwa Anda akan datang. Ini untuk meyakinkan anda jika hotel tempat anda akan menginap telah menyediakan kamar yang anda pesan.

Ketika check-in Anda diwajibkan menyerahkan uang deposit. Jika deposit tadi lebih maka akan dikembalikan. Selain secara cash, Anda pun dapat membayar deposit menggunakan kartu kredit. Setiba di hotel dan kebetulan Anda menenteng banyak bawaan segera minta bantuan pegawai hotel. Tak lupa anda berikan sedikit tip untuk mereka, Rp.10 ribu pun sudah pantas. Dan jika Anda memperoleh fasilitas menginap di hotel gratis dari kantor, pastikana anda tahu layanan hotel apa saja yang gratis dan layanan mana yang tak termasuk dibayar kantor.

Setiap hotel berbintang akan ada bar kecil yang terdiri lemari es kecil dan piranti makan berupa sendok dan cangkir. Di dalam lemari es tadi biasanya ada berbagai makanan dan minuman ringan. Anda harus membayarnya bila anda memakannya atau meminumnya kecuali anda menyeduh kopi atau kopi yang anda buat sendiri, itu gratis. Termasuk gratis adalah air mineral botol dan complimentary-nya. Saat memasuki kamar mandi, peranti akan tersedia lengkap seperti sabun, sikat gigi, shampo dan boleh digunakan secara gratis. Umumnya barang keperluan mandi itu ditempatkan dalam tempat kecil. Untuk keset, handuk dan hair drier anda tak boleh membawanya pulang sebab itu termasuk aksesoris kepunyaan hotel.

Bermalam di hotel biaya yang dibayarkan sudah mencakup makan pagi. Makan pagi ini biasanya model prasmanan, silahkan ditanyakan ke pegawai hotel di mana sarapan dihidangkan. Saat sarapan umumnya mulai jam 7 sampai 10 pagi. Saat ingin check-out kebanyakan hotel menggunakan patokan jam 12 siang untuk batas akhir menginap. Tiap hotel menggunakan aturan yang tak sama untuk keterlambatan check-out. Misalnya hotel dengan toleransi check-out sampai jam 2 siang. Jika melebihi maka bakal dibebankan biaya 50 % dari tarif kamar dan bila melebihi jam 6 sore maka Anda akan dibebankan biaya menginap sehari lagi.