Cara Cek Daftar Peserta Sertifikasi Guru 2018

Cara Cek Daftar Peserta Sertifikasi Guru - Berhubungan dengan diselenggarakannya program sertifikasi guru yang dilaksanakan dari tahun 2005 hingga sekarang maka penting untuk mengetahui cara cek daftar peserta sertifikasi guru (sergur) terutama bagi kawan-kawan pendidik yang belum menjalani sertifikasi. Untuk tahun 2018 ini adalah untuk para guru yang diangkat dari tahun 2005 hingga 2018 yang akan menjalani seleksi dan dilakukan sertifikasi.


Prosedur penyelenggaraan program sertifikasi guru sekarang ini agak berbeda dibanding yang lalu. Program sertifikasi guru yang diangkat mulai tahun 2005 dinamakan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan. Prosedur penyelenggaraan sertifikasi ini diperbaharui untuk makin meningkatkan mutu tenaga pendidik.

Sementara sertifikasi guru yang diangkat sebelum tahun 2005 dinamakan dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Program sergur ini cuma berlangsung kurang lebih 90 jam atau 9 hari lamanya di LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) untuk menyelesaikan 36 SKS. Untuk para guru yang mempunyai jam terbang mengajar tinggi maka dianggap telah menyelesaikan 10 SKS. Dengan begitu cukup menyelesaikan sisanya yang 26 SKS saat berada di LPTK. Setelah itu program ditutup dengan dilaksanakannya ujian. Namun sebelum dilakukan ujian, para guru dikembalikan dulu ke sekolah asal untuk melakukan praktek dan baru dua bulan kemudian dilakukan ujian.

Untuk para guru yang berhasil lulus maka akan memperoleh sertifikat profesi dan memiliki hak untuk mendapatkan uang tunjangan profesi guru. Dan di tahun 2018 ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan nasional akan mengganti model sertifikasi yang dulunya dinamakan dengan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), saat ini dinamakan dengan PPGJ (Pendidikan Profesi Guru Jabatan) dengan beberapa penyempurnaan program di dalamnya.

Jumlah keseluruhan peserta sertifikasi guru untuk mereka yang diangkat antara tahun 2005 hingga tahun 2015 ada sebanyak 600 ribu guru. Adapun Cara Cek Daftar Peserta Sertifikasi Guru bisa dilakukan dengan mengikuti prosedur sebagai berikut :

- Pertama akses website resmi Kemendiknas di alamat http://sergur.kemdiknas.go.id/. Selanjutnya klik pada link "Daftar calon peserta sertifikasi guru 2018".

- Sesudah itu klik pada link Kriteria di sudut kanan atas untuk membuka "Daftar calon peserta sertifikasi guru tahun 2018".

- Berlanjut dengan memilih Propinsi dan Kota/Kabupaten yang hendak dicek.

- Sesudah ini klik tombol Tampilkan sehingga akan muncul "Daftar calon sertifikasi guru tahun 2018 menurut Kabupaten/Kota yang dipilih.