Cara Cek Spesifikasi Komputer Windows dan MAC

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu tahu spesifikasi komputer Windows atau Mac Anda. Mungkin Anda berpikir untuk membeli permainan baru, aplikasi atau aksesori baru dan Anda ingin memeriksa apakah itu kompatibel dan apakah komputer Windows atau Mac Anda memang cukup kuat untuk menjalankannya. Atau bisa jadi anda akan menjual komputer anda, dalam hal ini Anda akan ingin mendapatkan data akurat sehingga pembeli tahu dengan detil spesifikasi komputer tersebut. Apa pun alasannya, ada cara cepat dan mudah untuk mengetahui spesifikasi komputer Windows atau Mac.


1. Cara cek spesifikasi komputer Mac
Pertama, klik ikon Apple di sudut kiri atas Mac Anda pada bar navigasi / menu. Ini akan memunculkan menu drop-down. Pilih About this Mac. Akan terbuka jendela baru yang menyajikan semua informasi yang Anda butuhkan. Tab pertama adalah Overview yang menunjukkan versi sistem operasi yang sedang Anda jalankan, model, prosesor, memori, grafis dan nomor seri. Anda pun dapat menemukan informasi yang lebih spesifik tentang Display, Storage, Memory, Support yaitu link ke bantuan Mac dan juga dukungan hardware. Pada versi Mavericks atau sebelumnya, Anda harus mengklik ikon 'More Info' di bagian bawah jendela About this Mac untuk membuka jendela baru tentang spesifikasi lebih mendalam yang mungkin Anda butuhkan.

2. Cara cek spesifikasi komputer Windows
Untuk memeriksa spesifikasi pada komputer dengan OS Windows 8, tarik mouse Anda ke sudut kanan atas atau bawah layar untuk memunculkan bar. Pilih Settings dan kemudian PC Info. Ini akan menunjukkan spesifikasi PC atau laptop Anda. Alternatif lain adalah membuka Control Panel selanjutnya System anda Security dan dilanjut dengan membuka System untuk melihat spesifikasi komputer.

Untuk Windows 7 dan Windows XP / Vista, klik kanan pada My Computer dan kemudian klik Properties (System Properties pada Windows XP). Sebuah jendela akan terbuka di mana Anda dapat melihat spesifikasi sistem anda (di Windows 7). Untuk Windows XP cari pada System di jendela Properties.
Anda akan dapat melihat OS, prosesor dan memori. OS akan memberitahu Anda versi Windows yang Anda gunakan, apakah itu 32-bit atau 64-bit. Processor akan menunjukkan model prosesor dan juga kecepatan CPU. Memori akan menunjukkan berapa banyak RAM yang terpasang pada PC atau laptop.

Prosedur di atas akan menampilkan spesifikasi dasar sistem Windows namun tidak menunjukkan jenis kartu grafis yang digunakan. Untuk beberapa dari Anda mungkin kartu grafis tak akan banyak diperhatikan sebab komputer atau laptop mungkin hanya untuk browsing internet atau pekerjaan kantor dan sebagainya. Namun jika Anda menggunakannya untuk memainkan game maka Anda mungkin ingin tahu apakah game tertentu akan berjalan atau tidak pada sistem Windows Anda. Untuk memeriksa kartu grafis maka klik pada PC Info (Windows 8) dan Property / System Properties (Windows 7 / XP / Vista).