Langsung ke konten utama

Cara Cek Keaslian iPhone, Ketahui Atau Anda Menyesal

Pemerintah tanpa henti berusaha membatasi beredarnya smartphone ilegal diantaranya memblokir sinyal berdasar nomor IMEI. Dan ternyata fungsi IMEI tak cuma itu saja sebab kombinasi 15 digit ini pun dapat difungsikan mengecek keaslian sebuah smartphone. Dengan kian majunya teknologi seluler, tidak sedikit pihak-pihak nakal yang memproduksi replika smartphone mahal yang tentunya dijual dengan harga jauh lebih murah. Orang-orang ini malah tak juga segan melakukan rekondisi perangkat yang sudah dalam kondisi rusak untuk kemudian dijual sebagai smartphone baru. Perangkat mahal yang sering dipalsukan adalah iPhone buatan Apple.

Kecuali untuk membedakan smartphone BM dengan yang asli, memeriksa IMEI sebuah smartphone pun bermanfaat ketika perangkat tersebut hilang. Pemilik dapat menelepon operator agar memblokir nomor IMEI tersebut. Dengan begitu saat pencuri mengganti kartu SIM di dalamnya maka unit tetap tak dapat difungsikan. Cara cek keaslian iphone salah satunya adalah dengan mengetahui nomor IMEI yang ada di iPhone. Beberapa cara dapat digunakan yaitu :

1. Mengetikkan kode *#06#
Sebagaimana umumnya ponsel dan smartphone, cara paling cepat mengecek nomor IMEI yakni panggilan ke *#06#. Nomor IMEI akan segera tertera di layar ponsel. Silahkan mencatatnya untuk pengecekan selanjutnya.

2. Masuk ke menu setting
Untuk mengetahui kode IMEI di iPhone pun dapat dilakukan dengan membuka menu 'Setting' atau 'Pengaturan'. Selanjutnya tap pilihan 'General'. Setelah menu General terbuka, pengguna bisa memilih menu 'Device information'. Kode IMEI iPhone tertera di sebelah bawah persisnya setelah keterangan mengenai Bluetooth.

3. Menggunakan layanan iTunes
Jika Anda tetap tidak yakin mengenai kode IMEI perangkat iPhone Anda, bisa ditempuh cara selanjutnya yaitu mengecek lewat iTunes menggunakan komputer. Yang harus dikerjakan yakni login menggunakan akun iTunes yang Anda miliki. Di laman informasi iPhone biasanya ditampilkan nomor telepon Anda. Double klik pada nomor telepon tersebut supaya kode IMEI-nya tertampil.

4. Perhatikan casing belakang dan dus kemasan iPhone
Ketika Anda telah mengecek nomor IMEI di iTunes maka alangkah baiknya juga mengecek kemasan iPhone Anda. Kode IMEI umumnya tertera di kemasan sisi belakang  sebelah tepatnya di baris setelah 'Serial No.'. Anda pun dapat mengecek kode IMEI di sisi belakang casing. Akan tetapi untuk yang ini Anda mesti teliti sebab kode IMEI yang tercetak di sana berukuran kecil-kecil sehingga bisa saja anda salah baca.

Nah tadi adalah tata cara cek keaslian perangkat iPhone baik baru maupun bekas. Setelah mengetahuinya anda tentu akan lebih berhati-hati saat akan membeli perangkat iPhone.


loading...
Theme Editor by Seo v6