Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar Termudah dan Tercepat Setiap Saat

Listrik memang salah satu kebutuhan penting dalam sebuah rumah tangga. Tanpa aliran strom ini maka berbagai peralatan rumah tangga tak akan berfungsi sehingga keseharian penghuninya bisa terganggu. Meski kini PLN menerapkan sistem listrik prabayar dengan menggunakan pulsa token listrik namun masih cukup banyak rumah-rumah yang memakai sambungan listrik dengan pembayaran di belakang (pascabayar). Setelah menggunakan aliran listrik selama 1 bulan maka pelanggan baru membayar tagihan tersebut.


Dan guna memfasilitasi para pelanggan listrik pascabayar yang jumlahnya masih cukup banyak, PLN meluncurkan layanan cek tagihan listrik menggunakan sarana internet. Cara cek tagihan listrik bisa dilakukan lewat layanan online dari website resmi PLN. Alamat link yang bisa dibuka adalah http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php. Berikutnya pelanggan tinggal memasukkan ID pelanggan PLN dan akhiri dengan klik pada tombol Cek. Sesudah itu akan tersaji laman baru yang memperlihatkan jumlah tagihan listrik menurut ID pelanggan yang di-input-kan. Laman ini sendiri memberikan data lengkap mengenai ID pelanggan, nama pelanggan dan jumlah tagihan listrik yang harus dilunasi bulan ini.

Fitur cek tagihan listrik online ini pun memberikan fitur untuk mengecek jumlah tagihan listrik pada bulan yang telah lalu. Pelanggan tinggal mengganti pilihan bulan yang akan dicek, berikutnya klik tombol Cari. Fitur cek tagihan listrik PLN memang sangat berguna untuk memastikan besarnya tagihan yang mesti dibayarkan pelanggan listrik pascabayar. Fasilitas cek tagihan listrik via website ini pun bisa dibuka menggunakan smartphone ataupun perangkat tablet. Dengan begitu pelanggan bisa menggunakan layanan tersebut darimana saja.

Mengikuti tren peningkatan jumlah pemakai smartphone Android, PLN pun meresponnya dengan mengeluarkan aplikasi cek tagihan listrik bagi pengguna Android. Aplikasi cek tagihan listrik ini bisa diunduh gratis di Google Play Store tepatnya pada link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wira.plncektagihanlistrik&hl=in. Dengan ukuran file yang cukup ringan hanya 2,4 MB pengguna akan bisa menggunakannya untuk cek rekening listrik menurut ID Pelanggan secara real time bulanan serta bisa untuk mengecek untuk seluruh Indonesia.

Bagi para pelanggan listrik pascabayar yang kebetulan sulit mengakses internet dan juga tak memiliki smartphone masih bisa mengecek tagihan mereka cukup dengan mengirimkan SMS. Cara cek tagihan listrik PLN dengan mengetikkan : REK(spasi)No ID Pelanggan dan dikirimkan ke nomor 8123. Serta bila ingin secara otomatis mendapatkan notifikasi tagihan lewa SMS bisa dengan berlangganan, ketikkan saja : PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan lalu dikirimkan ke nomor 8123. Biaya menerima pemberitahuan jumlah tagihan listrik lewat SMS ini hanya Rp.500 per pesan.