Kamis, 20 Agustus 2015

Prosedur dan Cara Cek Android

Sistem operasi Android besutan Google yang digunakan untuk smartphone makin populer saja di kalangan pengguna gadget. Smartphone Android murah pun makin banyak ditemui di pasaran. OS Android memang membawa berbagai keunggulan yang membuatnya layak untuk dimiliki. Beberapa fakta sistem operasi Android berikut ini membuatnya lebih unggul dibanding sistem operasi yang lain :


- Bersifat terbuka
Sifat open source yang dimilikinya membuat platform ini banyak didukung developer yang banyak membuat aplikasi Android untuk berbagai keperluan. Lain dengan OS Blackberry, Windows Phone atau iOS yang harus melewati proses panjang sampai bisa digunakan. Sifat open sourcw ini juga salah satu yang menyebabkan smartphone Android bisa dijual lebih murah dibanding smartphone OS lain.

- Dilakukan update rutin oleh Google
OS Android dikawal sepenuhnya oleh Google yang akan selalu memberikan update terkini platform smartphone besutan mereka. Terakhir adalah update terbaru Android v.5.0 Lollipop.

- Ribuan aplikasi tersedia
Para pengembang aplikasi bebas membuat aplikasi Android baik yang berbayar, shareware ataupun freeware. Pengguna cukup memilih aplikasi yang disukainya di Play Store, dan jika bosan tinggal diganti dengan aplikasi lain sesuai keinginan. Banyak aplikasi di Play Store yang bersifat gratis penuh atau shareware.

- ROM bisa di-root
Tak perlu takut melakukan root pada ponsel Android untuk meningkatkan kinerjanya. Sifat open source yang disandangnya memberikan kesempatan pada setiap orang untuk mengoprek Android sesuai keinginan. Pengguna pun bisa mengembalikan ke setingan standar pabrik jika menginginkan (unroot).

- Rentang harga ponsel Android yang lebar
Di pasaran tersedia ponsel Android dengan harga paling bawah mulai Rp.400 ribuan hingga ponsel android premium dengan harga belasan juta seperti yang terbaru Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge. Konsumen bebas memilih sesuai dengan anggaran yang dimilikinya.

Sebelum membeli ponsel Android sebaiknya anda paham dulu cara cek Android untuk membedakan mana Android asli dan mana yang tidak. Pertama, cara cek Android adalah mengecek kode IMEI. Cukup tekan *#06# dari ponsel yang akan anda beli. Kode IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah identitas ponsel yang bersifat ekslusif yang hanya dimiliki oleh ponsel tersebut. Saat menekan kode *#06# maka akan keluar kombinasi angka IMEI. Catat kode IMEI tersebut untuk dilakukan checking lebih lanjut. Cara cek Android berlanjut dengan membuka website layanan online cek IMEI yaitu di alamat www.imei.info. Masukkan kode IMEI yang sudah anda catat tadi di kolom yang ada selanjutnya tekan tombol CHECK. Kontan akan keluar spesifikasi lengkap ponsel Android anda. Bandingkan spesifikasi yang dicatat tadi sesuai dengan hasil pengecekan IMEI secara online.

Cara cek Android yang juga bisa digunakan adalah menginstal aplikasi benchmark AnTuTu atau CPU-Z. Setelah terinstal, lakukan beberapa test dan lihat di bagian Authenticated dan System Info. Pada System Info anda bisa membaca spesifikasi yang disajikan kemudian bandingkan dengan detil spesifikasi ponsel android itu yang disajikan GSMarena. Jika berbeda, sudah pasti ponsel Android yang anda pegang adalah tiruan. Hati-hati bila menemukan ponsel Android yang sudah terinstal aplikasi AnTuTu atau CPU-Z di dalamnya. Terlebih jika aplikasi tersebut tak bisa di-uninstal, dimungkinkan aplikasi tersebut telah dimodifikasi sehingga tidak menampilkan hasil tes yang sebenarnya.

Prosedur dan Cara Cek Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhammad hakum